telkomsel halo

Tokopedia pacu transaksi di Sumut

05:43:00 | 23 Jun 2023
Tokopedia pacu transaksi di Sumut
JAKARTA (IndoTelko)- Tokopedia tengah memacu jumlah pembeli dan transaksi yang berasal dari wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Sejalan dengan laporan tersebut, kami juga melihat pertumbuhan transaksi online yang positif di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya. Nias Selatan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Padang Lawas dan Deli Serdang menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Sumatra Utara lewat Tokopedia pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April)," kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Di sisi lain, sepanjang Januari hingga Mei 2023, Tokopedia melihat pengiriman antar pulau makin meningkat dimana pengiriman terjauh terjadi dari Medan (Sumatra Utara) ke Merauke (Papua). Selain membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan produk fisik, Tokopedia juga mempermudah masyarakat dalam mengakses produk digital.

"Pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, E-Samsat, Penerimaan Negara (Pajak Online, Bea Cukai dan Surat Berharga Negara), serta Tiket Kereta Api menjadi sejumlah produk digital yang paling banyak dibeli masyarakat Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya. Transaksi E-Samsat di Sumatra Utara melalui Tokopedia di tahun 2022 bahkan naik sebesar hampir 5 kali lipat," ungkap Ekhel.

Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging. Inisiatif ini mendekatkan pembeli dan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih efisien.

"Hyperlocal Tokopedia membawa beragam dampak positif. Pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), jumlah pembeli di Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat lebih dari 1,5 kali lipat. Medan, Gunungsitoli, Batu Bara, Pakpak Bharat dan Tanjung Binjai menjadi wilayah di Sumatra Utara dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli," kata Ekhel.

Di sisi lain, Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Fesyen serta Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya, pada periode Januari hingga Mei 2023.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia diterapkan dalam berbagai kampanye, salah satunya Waktu Indonesia Belanja (WIB). Jumlah pembeli di kampanye WIB Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat hampir 1,5 kali lipat pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).

"Promo yang paling sering digunakan oleh masyarakat Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya, dalam belanja online melalui Tokopedia, sepanjang 2023 (Januari-Mei) adalah Bebas Ongkir dan Cashback," jelas Ekhel.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, kontribusi UMKM lokal terhadap PDB Indonesia meningkat setiap tahunnya, bahkan mencapai 60,3% pada tahun 2019. Pemerintah Indonesia di sisi lain menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4% pada tahun 2024.

"Sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah pelaku usaha di Indonesia, kini Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 14 juta penjual yang hampir 100% pegiat UMKM. Mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia," kata Ekhel.

"Tokopedia melakukan berbagai upaya, salah satunya Hyperlocal, untuk mempermudah pelaku usaha khususnya UMKM menciptakan peluang lewat pemanfaatan kanal digital dari seluruh penjuru di Indonesia, seperti Sumatra Utara (Sumut). Dampaknya, berdasarkan data internal Tokopedia, Nias, Nias Utara, Nias Barat, Dairi dan Medan menjadi wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Sumut pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April)," tambah Ekhel.

Salah satu manifestasi Hyperlocal Tokopedia adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP); halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. Jumlah transaksi di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya karena adanya kampanye KTP meningkat hampir 1,5 kali lipat pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).

Manifestasi Hyperlocal Tokopedia lainnya adalah Dilayani Tokopedia; gudang pintar penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi. Sepanjang bulan Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), Tokopedia mencatat, ada peningkatan jumlah penjual yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya sebesar lebih dari 2,5 kali lipat. Transaksi lewat Dilayani Tokopedia di Sumut pun meningkat 2,5 kali lipat.

"Secara keseluruhan, Hyperlocal Tokopedia berserta sederet manifestasinya telah mendorong peningkatan jumlah penjual di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya sebesar hampir 2,5 kali lipat pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April)," jelas Ekhel.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year