telkomsel halo

Accenture investasi US$3 miliar untuk pengembangan kecerdasan buatan

05:13:49 | 20 Jun 2023
Accenture investasi US$3 miliar untuk pengembangan kecerdasan buatan
JAKARTA (IndoTelko) Accenture mengumumkan investasi sebesar US$3 miliar selama tiga tahun ke depan untuk meningkatkan divisi Data dan Kecedasan Buatan.

Investasi ini bertujuan untuk membantu klien Accenture di berbagai industri agar dapat dengan cepat dan bertanggung jawab memajukan dan menggunakan kecerdasan buatan guna mencapai pertumbuhan, efisiensi, dan keberlanjutan.

"Kami melihat klien kami memiliki minat di semua bidang AI karena itu kami melakukan investasi yang substansial di Divisi Data & Kecerdasan. Dengan investasi ini kami akan dapat membantu klien kami memanfaatkan teknologi tersebut dengan cara yang bertanggung jawab dan cerdas, serta menciptakan studi kasus bisnis yang jelas. Perusahaan yang berhasil mengadopsi dan mengembangkan kecerdasan buatan, teknologi yang menurut kami telah mencapai kematangan dan memberikan nilai yang jelas, akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk melakukan transformasi, bersaing, dan mencapai kinerja baru. Saat ini, klien kami menghadapi lingkungan yang semakin kompleks, dan teknologi berubah dengan cepat. Maka, pemahaman mendalam akan dapat membantu mereka mengambil keputusan yang cerdas dan efektif,” kata Chair dan CEO Accenture, Julie Sweet.

Keputusan investasi Accenture didasarkan pada pengalaman dan keahlian Accenture selama lebih dari satu dekade di bidang kecerdasan buatan. Pengalaman ini mencakup lebih dari 1.450 hak dan aplikasi paten yang sedang diproses di seluruh dunia, serta ratusan solusi klien dalam skala besar, mulai dari pemasaran hingga ritel, keamanan dan manufaktur. Accenture telah menyematkan teknologi kecerdasan buatan dalam pendekatan penyampaian layanannya, mendorong efisiensi, wawasan, dan percepatan nilai bagi ribuan klien melalui platform unggulan di pasar seperti myWizard, SynOps, dan MyNav.

Pada 2017, Accenture menjadi pelopor dalam kerangka kerja kecerdasan buatan yang bertanggung jawab, yang kini menjadi bagian dari cara Accenture menyampaikan pelayanannya untuk klien, termasuk dalam kode etik perusahaan dan mendasari program kepatuhan kecerdasan buatan yang bertanggung jawab secara ketat.

Saat ini, Accenture sedang bekerja sama dengan banyak klien dalam proyek-proyek kecerdasan buatan generatif (generative AI), seperti membantu sebuah jaringan manajemen hotel mengelola pertanyaan pelanggan atau sistem peradilan yang menciptakan informasi proses peradilan dari ratusan ribu dokumen yang kompleks.

Accenture juga melakukan sejumlah investasi yang dilakukan untuk mengembangkan strategi baru, model operasi, kasus bisnis, dan arsitektur inti digital yang baru yang dibutuhkan untuk memanfaatkan inovasi kecerdasan buatan, seperti:

Accenture akan berinvestasi dalam aset, solusi industri, ventura, akuisisi, talenta, dan kemitraan ekosistem, yang akan memperdalam dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan baru di bidang kecerdasan buatan diagnostik, prediktif, dan generatif.

Divisi Data & Kecerdasan Buatan akan meningkatkan jumlah talenta menjadi 80.000 profesional melalui kombinasi perekrutan, akuisisi, dan pelatihan.

AI Navigator for Enterprise adalah platform baru berbasis kecerdasan buatan generatif yang akan membantu klien dalam menentukan kasus bisnis, mengambil keputusan, menavigasi perjalanan kecerdasan buatan, memilih arsitektur, dan memahami algoritma dan model untuk menciptakan nilai secara bertanggung jawab. Dikembangkan atas upaya Accenture sendiri, platform ini akan mencakup aset-aset yang dirancang untuk mempercepat praktik kecerdasan buatan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan peraturan.

Accenture akan menciptakan akselerator untuk kesiapan data dan kecerdasan buatan di 19 industri yang berbeda serta pre-built model industri dan fungsional yang memanfaatkan kemampuan kecerdasan buatan generatif baru.

Untuk memajukan penggunaan kecerdasan buatan generatif, Center for Advanced AI akan didedikasikan untuk memaksimalkan nilai dari teknologi ini di antara klien dan dalam Accenture sendiri. Ini termasuk penelitian dan pengembangan yang ekstensif serta investasi untuk mereka ulang penyampaian layanan menggunakan kemampuan kecerdasan buatan generatif dan lainnya yang sedang berkembang.

Accenture akan berinvestasi dalam hubungan baru dan yang sudah ada, di seluruh ekosistem cloud, data, dan kecerdasan buatan terkemuka di industrinya, untuk menemukan kembali jenis pekerjaan yang disampaikan kepada klien. Misalnya, developer menggunakan pre-built model untuk menyempurnakan pembuatan prototipe atau seorang kreator membangun lingkungan virtual dinamis yang dapat beradaptasi dengan perubahan dunia nyata.

"Dalam dekade mendatang, kecerdasan buatan akan menjadi megatren yang mengubah industri, perusahaan, dan cara kita hidup dan bekerja, saat kecerdasan buatan generatif mengubah 40% dari total jam kerja kita. Divisi Data & kecerdasan buatan yang kami perluas menggabungkan kekuatan dan cakupan penuh Accenture dalam menciptakan solusi yang spesifik untuk industri yang akan membantu klien kami memanfaatkan potensi penuh kecerdasan buatan untuk memperbarui strategi, teknologi, dan cara bekerja mereka, mendorong inovasi dan nilai dengan bertanggung jawab dan lebih cepat daripada sebelumnya,” kata CEO Grup, Accenture Technology, Paul Daugherty.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year