telkomsel halo

Proyek SKKL terpengaruh ketegangan di Laut China Selatan

09:25:57 | 23 May 2023
Proyek SKKL terpengaruh ketegangan di Laut China Selatan
SINGAPURA (IndoTelko) - Sejumlah proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) internasional dikabarkan terpengaruh kondisi geopolitik di Laut Cina Selatan sejak China melakukan klaim sepihak sebagian besar teritori perairan yang merupakan salah satu jalur cepat pertukaran data dunia itu.

Para pemain kabel laut seperti Nippon Telegraph and Telephone (NTT) Jepang, Singapore Telecommunications (SingTel) dan perusahaan teknologi besar Amerika seperti Meta dan Google berusaha untuk menghindari kabelnya melintasi wilayah yang menjadi sengketa namun konsekuensinya biaya untuk penggelaran menjadi lebih tinggi.

“Kita semua berharap situasinya bisa seperti dahulu kala, saat kita hanya datang dan fokus untuk menghubungkan dunia demi perdagangan global," kata Tay Yang Hwee yang dikenal sebagai salah seorang veteran dari SingTel seperti dikutip dari Nikkei (19/5).

Bersama dengan Meta dan KDDI, perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Jepang, Singtel menjadi bagian dari konsorsium dalam penggelaran kabel bawah laut yang akan menghubungkan Jepang dan Singapura.

Tetapi kabel serat optik sepanjang 10.500 kilometer, yang memiliki cabang sampai daratan China, Hong Kong, dan Taiwan, penyelesaiannya jauh dari tenggat waktu pada tahun 2020, yang ditetapkan ketika kesepakatan ditandatangani pada tahun 2018.

Kabarnya, otoritas China lamban memberikan izin untuk penggelaran kabel untuk melintasi Laut China Selatan, dengan alasan masalah keamanan nasional.
bagi proyek yang disebut Southeast Asia-Japan 2 (SJC2) itu.

Pelaku industri dan analis seperti Tay mengatakan perselisihan wilayah maritim dan teritorial, ditambah dengan persaingan AS-China yang semakin intensif, dapat menimbulkan hambatan lebih lanjut untuk rute yang paling efisien untuk menghubungkan kawasan tersebut, menghambat prospek proyek di masa depan yang dimaksudkan untuk mendukung perdagangan dan komunikasi global .

Padahal, sistem komunikasi kabel laut merupakan tulang punggung ekonomi global. Lebih dari 450 kabel membentang sepanjang 1,4 juta kilometer, yang jika dihitung sama dengan mengelilingi bumi sebanyak 30 kali. Kabel serat optik modern digelar di kedalaman 8 km di bawah permukaan laut.

Sebelum tahun 2012, penyedia konten menyumbang kurang dari 10% bandwidth internasional; pada tahun 2022 pangsa itu melonjak menjadi 71%, menurut peneliti telekomunikasi AS, Telegeography.

Di Asia, menurut Telegeografi proyek kabel bawah laut senilai US$2,59 miliar direncanakan antara tahun 2023 dan 2025. Kabel trans-Pasifik besar masing-masing dapat menelan biaya beberapa ratus juta dolar. Ini biasanya ditanggung oleh konsorsium telekomunikasi atau perusahaan teknologi seperti Google, Meta, Microsoft dan Amazon.

Proyek rata-rata dikelola dalam tiga tahun -- mulai dari perolehan izin hingga survei, produksi kabel, dan pengadaan kapal -- yang jumlahnya hanya sekitar 50 di seluruh dunia.

Kabel bawah laut memerlukan lisensi di perairan teritorial suatu negara tetapi biasanya tidak berada dalam zona ekonomi eksklusifnya, 200 mil dari pantainya. Tetapi pihak berwenang China memiliki proses persetujuan yang panjang untuk proyek-proyek dalam "sembilan garis putus-putus" yang diproklamirkan sendiri, yang mencakup hampir seluruh Laut China Selatan.

Bahkan sebelum konsorsium mengajukan permohonan resmi, mereka harus mendapatkan surat nonobjection dari Tentara Pembebasan Rakyat, yang telah meminta pengalihan rute di masa lalu,

Pengadilan internasional di Den Haag pada tahun 2016 menyampaikan bahwa sembilan garis putus-putus tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Pada tahun 2020, Inggris, Prancis, dan Jerman - semuanya secara geografis jauh dari laut - termasuk di antara setidaknya sembilan negara yang mengeluarkan pernyataan yang menolak klaim Beijing.

Angkatan Laut AS, sementara itu, terus mengarungi "misi kebebasan navigasi" melalui area tersebut.

Beberapa orang melihat penundaan baru-baru ini sebagai pembalasan oleh Beijing atas upaya Washington untuk membersihkan perusahaan teknologi dan telekomunikasi China dari arsitektur digital AS.

Analis riset di Telegeography Marvin Tan mengatakan beberapa proyek yang sedang dalam proses berusaha untuk menghindari tantangan Laut China Selatan. Investor sedang membangun kabel baru yang mendarat di Jepang, Taiwan, Filipina, Singapura, dan tempat lain, dan memanfaatkan kabel intra-Asia yang ada untuk terhubung dengan China.

Pada tahun 2024, Meta dan Google berharap dapat membangun Echo, jalur yang menghubungkan California ke Singapura melalui Guam dan Indonesia, sementara Meta dan Keppel Telekomunikasi & Transportasi Singapura berencana untuk menyelesaikan Bifrost, kabel trans-Pasifik pertama yang melintasi Laut Jawa. Pada tahun yang sama, Meta, Google, NTT, dan lainnya berharap dapat menyelesaikan Apricot, kabel intra-Asia pertama yang menghindari Laut Cina Selatan dengan melewati perairan timur Filipina dan Indonesia.

Taiwan dan Filipina, telah memperketat peraturan terkait konstruksi kabel. Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mengeluarkan izin hanya untuk rute yang ditetapkan oleh pihak berwenang.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year