telkomsel halo

Nokia tingkatkan kapasitas dan kualitas layanan Telin

06:19:00 | 18 Apr 2023
Nokia tingkatkan kapasitas dan kualitas layanan Telin
JAKARTA (IndoTeko) - Nokia mengumumkan bahwa Nokia dan PT. Lintas Teknologi Indonesia (Lintas) telah berhasil melaksanakan uji coba optik super koheren PSE-V generasi terbaru Nokia pada jaringan langsung bawah laut PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) Indonesia Global Gateway (IGG).

Ketika digunakan, solusi super koheren PSE-V Nokia akan membantu Telin meningkatkan kapasitas sekitar 31%, sekaligus menurunkan total biaya kepemilikan.

Dalam uji coba ini, telah terlampaui tolok ukur kualitas yang ditetapkan oleh Telin dan mencatatkan kapasitas serat 11Tb/s dalam spektrum serat optik 2,2THz. Nokia dan Telin mencatatkan kapasitas 500 Gb/s per saluran dibandingkan dengan 400 Gb/s per saluran dari peralatan yang ada. Uji coba dilakukan tahun lalu melalui kabel bawah laut sepanjang 3.551 km dari Jurong di Singapura ke Manado di Indonesia.

Uji coba ini didukung oleh teknologi Probabilistic Constellation Shaping (PCS) generasi kedua dengan penyesuaian baud rate berkelanjutan, chipset super koheren Nokia PSE-V memastikan penggunaan spektrum yang optimal dan membantu penyedia layanan mengurangi biaya per bit.

Menggunakan Nokia 1830 Photonic Service Switch (PSS) untuk Wavelength Division Multiplexing (WDM) dan repeater loading 1830 Photonic Services Interconnect Modular (PSI-M) platform modular yang compact untuk kartu transponder PSE-V, memungkinkan Telin untuk lebih meningkatkan efisiensi spektral pada sistem kabel bawah lautnya, termasuk repeater.

Presiden Direktur Nokia Indonesia Ozgur Erzincan mengatakan, solusi optik super koheren PSE-V nya yang inovatif membantu penyedia layanan meningkatkan efisiensi spektral dan menambah kapasitas secara signifikan. "Kami sangat senang bahwa solusi kami melampaui standar kualitas yang ditetapkan oleh Telin sebelum uji coba. Kami berharap dapat terus mendukung Telin dalam memenuhi pertumbuhan permintaan kapasitas dan meningkatkan performa jaringan, sekaligus menjaga biaya tetap terkendali," ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year