telkomsel halo

Awal Ramadan, pertumbuhan Dana tren nya positif

09:41:00 | 11 Apr 2023
Awal Ramadan, pertumbuhan Dana tren nya positif
JAKARTA (IndoTelko) - Ramadhan menjadi bulan yang berul-betu dimanfaatkan oleh masyarakat kita untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat, atau pun rekan kantor. Aktivitas berbuka puasa bersama sembari mencicipi kuliner ‘’kekinian’’ sampai mengunjungi kediaman teman untuk sekadar melepas rindu kerap diasosiasikan sebagai rutinitas di bulan suci Ramadan bagi masyarakat Indonesia.

Aplikasi dompet digital Dana yang menyediakan berbagai layanan pembayaran dan keuangan, masih menjadi pilihan masyarakat untuk menunjang gaya hidup mereka selama bulan Ramadan 2023 saat ini. Penggunaan dompet digital Dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna selama bulan Ramadan, ditandai dengan melesatnya pertumbuhan beberapa fitur dan layanan di 12 hari pertama bulan Ramadan tahun 2023.

Pada acara Ngabuburit Bareng Dana beberapa waktu lalu, Head of Marketing Dana Indonesia Lim Wimawan Kusuma mengatakan, tiap tahunnya, Dana mencatat kenaikan transaksi yang cukup signifikan pada awal Ramadan. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat khususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fashion. "Pada Ramadan tahun ini, kami melihat terjadinya peningkatan transaksi hingga mencapai 122 persen jika dibandingkan dengan 12 hari pertama di bulan Ramadan tahun lalu. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna transaksi harian dengan kenaikan mencapai 103 persen," ujarnya.

Dana juga menangkap tren menarik di mana lima fitur dalam aplikasi Dana makin diminati selama Ramadan ini, diantaranya adalah fitur Kirim Uang, Pembayaran dengan QR, Belanja di E-Commerce, Pulsa dan Data, hingga Layanan Keuangan. Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi Dana kepada pengguna, Dana juga sempat menghadirkan Dana Parsel (Pesta THR Spesial) yang digelar pada dua minggu pertama bulan Ramadan 2023 lalu. Pada program Ramadan tersebut, Dana mengajak pengguna untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyak untuk berkesempatan memenangkan hadiah menarik.

Pertumbuhan positif juga dirasakan pada pertumbuhan beberapa mitra Dana. Fenomena ini dinilai selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia paska-pandemi yang mulai menunjukkan geliat berbelanja.

VP of Business Operation Dana Indonesia Luqman Ibnu Purnomo mengatakan, Ia melihat pertumbuhan yang signifikan dari jumlah merchants di Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu. "Kenaikan jumlah merchants ini bahkan mencapai 45 persen, di mana tahun ini kami berhasil menjalin kemitraan baru dengan beberapa mitra besar, seperti Alfamart dan MAP Group. Imbasnya, pertumbuhan serupa juga kami rasakan dari transaksi merchants, yang mengalami kenaikan hingga lebih dari 60 persen dibandingkan Ramadan 2022. Pertumbuhan positif ini banyak dipengaruhi oleh pembelanjaan kebutuhan harian, hingga pembelian produk finansial & investasi. Yang tak kalah menarik, preferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga makin bertambah pesat," jelasnya.

Beragamnya fitur yang mengalami pertumbuhan di bulan Ramadan, menjadi bukti konsistensi Dana dalam menyediakan layanan pembayaran dan keuangan yang aman, cepat dan mudah untuk berbagai situasi dan kondisi. Sebelum menutup bulan Ramadan tahun ini, Dana akan terus mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan beragam fitur lainnya untuk mengoptimalkan ibadah pengguna di bulan suci ini. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year