telkomsel halo

Ini dia pemenang kompetisi komik nasional TipTip

09:40:00 | 09 Mar 2023
Ini dia pemenang kompetisi komik nasional TipTip
JAKARTA (IndoTelko) - TipTip, platform terpadu untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara, sukses menyelenggarakan sebuah kompetisi komik digital pertama yang telah berlangsung sejak tanggal 6 Januari hingga 6 Februari 2023 silam.

TipTip menyediakan total hadiah sebesar Rp. 35.000.000,00 dan diikuti oleh ratusan peserta dengan kampanyenya "Komikin di TipTip". TipTip bekerjasama dengan Komunitas Komik Indonesia, Komikin Ajah, serta kreator komik kenamaan Indonesia, Mice Cartoon dan Sheila Roswitha Putri turut berpartisipasi sebagai juri.

Para peserta yang baru pertama kali mengikuti kompetisi komik, bisa mendapatkan manfaat secara langsung dari sisi monetisasi di platform TipTip.

Peserta dapat mengunggah karyanya secara mandiri dan mendapatkan dukungan melalui pembelian karya oleh para pendukungnya.

Menurut Yan Baptista Teguh Patrianto sang pemenang juara 1 kompetisi ini mengatakan, TipTip bisa jadi wadah buat kami para komikus untuk menyalurkan karya dan bisa langsung menghasilkan cuan untuk kreator secara instan. Yan diganjar dengan hadiah uang tunai sebesar Rp.20 juta dengan karya komiknya "Membagi Haha, Menggapai Asa". Ia bercerita tentang harapan dan perjuangan seorang pengemudi ojek online yang tengah meniti karir dan memiliki passion untuk menjadi stand up comedian.

Sementara, juara 2 mendapatkan Rp. 10.000.000,00 diberikan kepada Dzulmar Ismail Ahmad Zetya dengan karyanya "Kupon Mama" yang bercerita tentang keseharian dua orang anak yang berupaya menukarkan kupon salon dari Mamanya. Dan juara 3 mendapatkan Rp 5.000.000,00, diberikan kepada Khyarina dengan karyanya "Ekspektasi" yang bercerita tentang harapan dan kasih sayang seorang Ibu kepada anaknya.

Pada kesempatan itu, VP of Brand Strategy TipTip Coki Wicaksono mengatakan, ia melihat masih sangat luas potensi dan kesempatan bagi para konten kreator di Indonesia untuk dapat menciptakan konten yang berkualitas, tanpa mengalami kendala untuk memonetisasi karyanya. "Kami berharap agar TipTip menjadi katalisator di ekosistem konten kreator Indonesia sehingga para pelaku di industri kreatif akan menjadi lebih giat dan produktif dalam berkarya dan memperoleh apresiasi melalui monetisasi dan exposure dari karya tersebut," katanya.

TipTip juga membentuk komunitas komik yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah tetapi juga menjadi katalisator bagi para kreator dan peserta kompetisi untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu, dan memberikan dukungan agar para komikus semakin memantapkan tekadnya untuk aktif berkarya di industri tersebut. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year