telkomsel halo

Telkomsel dan Huawei akselerasikan dan kembangkan talenta digital

04:31:00 | 05 Mar 2023
Telkomsel dan Huawei akselerasikan dan kembangkan talenta digital
JAKARTA (IndoTelko) - Digitalisasi di Tanah Air berkembang pesat. Perluasan dan penetrasi teknologi digital merupakan peluang besar untuk menciptakan nilai tambah bagi setiap sektor industri. Digitalisasi, perkembangan IoT, serta pemanfaatan gaya hidup hybrid dengan mengkombinasikan dunia nyata dan digital telah menjadi syarat utama bagi setiap korporasi untuk dapat memenuhi tantangan industri saat ini.

Perkembangan dan perubahan teknologi digital yang sangat cepat, setiap perusahaan perlu memiliki talenta yang terampil terhadap perkembangan teknologi, agar dapat terus beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan yang ada, serta bisa memberikan solusi digital yang relevan.

Menjawab peluang dan tantangan tersebut, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei dalam membina para talenta dan pemimpin masa depan Telkomsel untuk menjadi talenta digital berdedikasi yang memiliki kompetensi tinggi, terutama dalam keahlian maupun pengetahuan di ekosistem digital yang andal serta relevan dengan perkembangan industri yang dinamis.

Kerjasama ini dikukuhkan kedua perusahaan dengan penandatanganan nota kesepahaman/ Momerandum of Understanding (MoU) antara Telkomsel dan Huawei yang dilakukan di Barcelona Communications Exhibition, bersamaan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol beberapa waktu lalu.

Dikatakan Direktur Human Capital Management Telkomsel, R Muharam Perbawamukti, Telkomsel menyambut positif kolaborasi terkini dengan Huawei, yang diharapkan dapat semakin memperkuat sinergi strategis yang telah berjalan selama ini. “Melalui upaya kolaboratif ini, kami konsisten untuk terus mengakselerasi hadirnya lebih banyak talenta, terutama di sektor digital yang andal dan relevan, dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman Huawei di sektor teknologi, sehingga setiap insan bertalenta yang dimiliki Telkomsel dapat terus menghadirkan beragam solusi inovatif melalui pemanfaatan teknologi terkini, di mana penerapannya berdampak bagi masyarakat luas dan dapat berkontribusi lebih bagi kemajuan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki kedaulatan digital kuat di masa depan,” katanya.

Sementara, Direktur Huawei Indonesia Telkomsel Account Department Wang Xu mengatakan, sebagai mitra terpercaya, Huawei selalu mendukung Telkomsel. Meskipun ada tantangan dari pandemi, Huawei tidak mengendurkan langkahnya dalam mendukung transformasi talenta digital Telkomsel. “Melalui kasus-kasus terkemuka di dunia, kami membekali para staff di level manajerial Telkomsel untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan digital di berbagai bidang, termasuk kepemimpinan strategi, tren bisnis, teknologi, serta transformasi organisasi,” ujarnya.

Kerjasama keduanya akan berfokus pada dua bidang, yakni Digital Leadership Transformation dan Digital Technology Transformation. Di bidang Digital Leadership Transformation, Telkomsel dan Huawei akan fokus pada eksekusi strategis untuk menutup kesenjangan kepemimpinan digital. Kedua pihak akan melakukan serangkaian konferensi, webinar, berbagi praktik, perjalanan belajar, dan banyak lagi yang mencakup berbagai kasus yang berorientasi pada skenario bisnis, wawasan mendalam tentang industri teknologi informasi dan komunikasi, pengalaman operator mitra, serta mempertemukan manajemen puncak di industri digital.

Di bidang Digital Technology Transformation, Telkomsel dan Huawei akan terus meningkatkan dan mengasah kembali keterampilan digital karyawan Telkomsel sekaligus menjajaki kemungkinan untuk menyesuaikan dan memberikan program pelatihan dan sertifikasi transformasi digital dari Huawei. Program pelatihan dan sertifikasi tersebut akan mencakup 5G Infra Operation, 5G Service Quality, Automated Operation & Maintenance, Digital Atom Technology (AI, Big Data, Cloud Infra), Telco Technology (IP, Transmisi, Core, Wireless), dan Cyber Security.

Ditambahkan Wang Xu, kolaborasi antara Telkomsel dan Huawei merupakan langkah maju yang signifikan dalam membangun ekosistem digital yang kuat dan dinamis di Indonesia. “Kami yakin bahwa kolaborasi antara Telkomsel dan Huawei akan menjadi katalisator untuk dapat terus mendorong transformasi digital Telkomsel,” katanya. Telkomsel dan Huawei akan selalu dapat berdiri bersama untuk tumbuh bersama dan memanfaatkan lebih banyak peluang bisnis di masa depan.

Wang menegaskan, selama lebih dari 22 tahun, Huawei tetap memegang teguh komitmen berkelanjutannya “Huawei I DO”, salah satunya adalah dengan terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa. Sebagai bagian dari komitmen “I Do” Collaborate, Huawei membagikan pengalaman dan keahlian dalam berbagai teknologi TIK mutakhir untuk memastikan Indonesia tetap berjalan di jalur yang aman dalam percepatan digitalisasi. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year