telkomsel halo

Sharp kembangkan prototipe head - mounted display

09:37:00 | 13 Jan 2023
Sharp kembangkan prototipe head - mounted display
JAKARTA (IndoTelko) - Sharp Corporation mengembangkan prototipe head mounted display untuk VR (Virtual Reality) yang terhubung ke smartphone. Perangkat ini berbobot ultra ringan dengan berat hanya 175 gram dan kualitas gambar high definition. Sharp mengumumkannya pada acara CES 2023, salah satu pameran teknologi terbesar di dunia yang diselenggarakan pada 5 Januari 8 Januari 2023.

Produk ini bisa dikoneksikan dengan menggunakan perangkat canggih milik Sharp, seperti layar VR ultra-ringan dan lensa mata ultra-tipis yang cemerlang. Berkat keahlian Sharp dalam meminiaturisasi komponen yang diperoleh selama bertahun-tahun dalam pengembangan smartphone, menjadikan produk ini memiliki bobot yang ringan hingga dapat digunakan selama berjam-jam tanpa rasa lelah, dan dapat dilipat menjadi ukuran yang ringkas, sehingga mudah dibawa kemanapun.

Kualitas layarnya, prototipe ini mampu menghadirkan definisi tinggi 4K (2K per mata) dan reproduksi halus dengan kecepatan refresh 120 Hz. Gambar realistis yang dihasilkan dapat menciptakan pengalaman yang memukau.

Perangkat ini menggabungkan modul kamera warna RGB Sharp yang unik, dimana lensa yang digunakan merupakan lensa polimer hingga memungkinkan pemfokusan otomatis ultra cepat. Memiliki tampilan gambar kaya warna yang realistis layaknya dunia nyata. Selain itu prototipe ini juga dilengkapi fungsi gambar pop-up yang menampilkan dunia nyata di sekitarnya di jendela terpisah di bagian ruang VR.

Pemfokusan gambar dicapai dengan mengubah ketebalan lensa polimer, yang berarti pemfokusan jauh lebih cepat daripada kamera konvensional. Bahkan saat posisi fokus berpindah, sudut pandang (jangkauan yang dapat dilihat) tetap sama, yaitu berkurangnya rasa pusing dan mual.

Headset ini memiliki dua kamera B/W untuk mendukung fungsi pelacakan tangan yang mengenali gerakan tangan pengguna dan mengubahnya menjadi pengoperasian di bidang yang terlihat. Fungsi ini memungkinkan pengoperasian yang intuitif tanpa memerlukan pengontrol.

CEO Sharp Corporation Robert Wu mengatakan, "Dengan dimulainya pengembangan ini, Sharp akan mempercepat penciptaan pengalaman baru yang menggabungkan dunia nyata dan virtual." (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year