telkomsel halo

Dibanding 2021, trafik telekomunikasi Nataru bakal naik sampai 19%

08:48:46 | 27 Dec 2022
Dibanding 2021, trafik telekomunikasi Nataru bakal naik sampai 19%
JAKARTA (IndoTelko) -- Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengantisipasi dan melakukan pemantauan agar jaringan telekomunikasi seluler dan internet berkualitas selama liburan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail, menyatakan hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan traffic jaringan telekomunikasi dan menjaga aktivitas masyarakat agar tidak terganggu.

“Di tahun ini diperkirakan antara 3% sampai 17% dari trafik yang normal. Jadi pada tahun ini terjadi lonjakan trafik yang cukup tinggi,” tuturnya dalam Konferensi Pers Kesiapan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi Selama Nataru, ynag berlangsung secara virtual dari Jakarta Pusat, Senin (26/12/2022).

Dirjen Ismail menyatakan jika dibandingkan dengan tahun 2021, terjadi kenaikan sebesar 4% sampai 19% dari traffic selama tahun 2022. Menurutnya, terjadi perbedaan angka karena pergerakan masyarakat sekarang jauh lebih dinamis dibanding dengan pada saat era Covid-19.

“Peningkatan komunikasi terjadi karena adanya pergerakan masyarakat yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dan kebutuhan masyarakat untuk saling mengirimkan ucapan selamat Nataru,” jelasnya.

Kementerian Kominfo bersama penyelenggara layanan telekomunikasi seluler telah melakukan antisipasi dengan menyiapkan berbagai fasilitas tambahan agar dapat menampung lonjakan traffic.

“Setiap event nasional atau hari-hari besar, kami bersama rekan-rekan operator seluler melakukan koordinasi untuk pengecekan kesiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi seperti saat ini,” ujar Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo.

Berdasarkan hasil pantauan Tim Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, selama perayaan Natal kemarin, seluruh kebutuhan telekomunikasi masyarakat dapat dilayani dengan baik oleh seluruh operator telekomunikasi.

“Untuk periode Hari Raya Natal dan tahun baru, terutama saat tanggal tanggal 25 Desember kemarin, Alhamdulillah kita melihat tidak adanya gangguan signifikan yang terjadi akibat dari lonjakan traffic tersebut,” ungkap Dirjen Ismail.

Oleh karena itu, Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo mengharapkan agar operator telekomunikasi terus menjaga kualitas layanan agar masyarakat bisa menikmati liburan Nataru.

“Kita berharap persiapan ini masih akan berlanjut sampai dengan akhir tahun atau awal tahun baru 2023. Semoga seluruh rekan-rekan operator telekomunikasi tetap mampu mengatasi dan mengantisipasi terjadinya lonjakan traffic tersebut,” ungkapnya.

Kementerian Kominfo juga memantau kualitas layanan dan infrastruktur melalui pusat monitoring telekomunikasi. Menurut Dirjen Ismail, selama ini kualitas layanan telekomunikasi berjalan dengan baik.

“Buktinya, sudah kita dapatkan di proses lonjakan arus mudik ya pada menjelang Natal kemarin, Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur bahwa seluruh kebutuhan masyarakat dalam rangka bertelekomunikasi di periode itu tidak ada keluhan yang berarti yang kami dapatkan,” tandasnya.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year