telkomsel halo

Rekap Inovasi WhatsApp 2022

10:30:00 | 23 Dec 2022
Rekap Inovasi WhatsApp 2022
JAKARTA (IndoTelko) -- Will Cathcart, Head of WhatsApp, baru saja mengumumkan tahun 2022 sebagai tahun inovasi terbesar di WhatsApp. Inilah yang baru saja dia bagikan di Twitter.

“2022 adalah tahun terbesar kami. Tim kami sangat bersemangat untuk membangun Komunitas, Reaksi, Polling, Avatar, panggilan video 32 orang, dan banyak lagi. Terima kasih bagi semua orang yang memberi kami umpan balik tentang bagaimana membuat WhatsApp menjadi lebih baik. Masih banyak lagi yang akan hadir di tahun 2023!" kata Will.

Dia juga menyebut jika Mark Zuckerberg baru saja memposting bahwa "WhatsApp mencapai rekor 25 juta pesan per detik selama final [Piala Dunia FIFA]".

Tahun ini, WhatsApp menambahkan lebih dari 20 fitur baru — termasuk Komunitas, peningkatan pada grup, panggilan yang lebih baik, dan pesan suara. WhatsApp juga menambahkan lebih banyak lapisan privasi, di atas enkripsi end-to-end default terdepan di industri, cadangan terenkripsi, dan disappearing messages — membuat aplikasi perpesanan pribadi paling populer menjadi lebih pribadi. 

Menambahkan lapisan privasi

Selain enkripsi end-to-end bawaan yang membuat semua percakapan Anda tetap pribadi, tahun ini, WhatsApp memperkenalkan lapisan perlindungan baru. 

Sembunyikan status online Anda: Kini Anda dapat mengontrol siapa yang melihat waktu terakhir dilihat Anda dan apakah Anda sedang online dari setelan privasi. Begini caranya. 

Tinggalkan grup secara diam-diam: Alih-alih memberi tahu seluruh grup saat Anda keluar, sekarang hanya admin yang diberi tahu.

Accidental delete: Membagikan sesuatu ke grup yang salah, dan saat mencoba menghapus dengan cepat, tekan "hapus untuk saya" secara tidak sengaja? Sekarang Anda dapat membatalkannya. 

Memperkenalkan Komunitas

Komunitas memudahkan sekolah, kelompok lokal, dan tempat kerja untuk mengelola percakapan mereka yang sibuk dengan menyatukan banyak grup di bawah satu payung. Itu juga memberi admin alat yang ampuh, termasuk grup pengumuman, dan kemampuan untuk membuat sub-grup tentang topik apa pun.

Fitur Baru di Grup

Bersamaan dengan Komunitas, WhatsApp memperkenalkan fitur baru di perpesanan grup, termasuk kemampuan untuk membuat jajak pendapat dalam obrolan, opsi untuk menambahkan hingga 1.024 anggota, naik dari 256. Ini juga memperkenalkan penghapusan oleh admin, memberi admin kemampuan untuk menghapus pesan yang bermasalah.

Panggilan suara dan video yang lebih baik

Semakin banyak orang menggunakan WhatsApp untuk terhubung secara aman dengan panggilan suara dan video. Tahun ini, WhatsApp meluncurkan beberapa peningkatan. 

Panggilan 32 orang: Sama seperti panggilan suara, kini Anda dapat melakukan panggilan video di ponsel Anda hingga 32 orang, empat kali lipat dari jumlah sebelumnya. 

Kirim pesan atau nonaktifkan peserta panggilan: Dengan menekan lama pada peserta akan memperbesar umpan video atau audio dan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau mengirim pesan secara terpisah. 

Tautan panggilan: Baik melakukan panggilan mendadak atau membuat rencana sebelumnya, Anda dapat dengan mudah mengundang orang ke panggilan grup dengan membagikan tautan panggilan.  

In-call banner notifications: Sekarang Anda mengetahui saat seseorang baru bergabung dengan panggilan grup.

Pesan suara yang lebih baik

Lebih dari 7 miliar pesan suara dikirim di WhatsApp setiap hari, semuanya dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Pada bulan Maret, WhatsApp memperkenalkan beberapa peningkatan pada pengalaman ini.

Pemutaran di luar obrolan, sehingga Anda dapat melakukan banyak tugas atau membaca dan menanggapi pesan lain.
Jeda/lanjutkan perekaman: Saat merekam pesan suara, geser ke atas untuk mengunci tombol perekaman. Kemudian Anda menekan jeda dan melanjutkan sebanyak yang diperlukan.

Pratinjau draf: Dengarkan pesan suara Anda sebelum dikirim. Hapus jika Anda tidak menyukainya. 
Ingat pemutaran: Jika Anda menjeda pesan suara, Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. 
Pemutaran cepat: Putar pesan suara dengan kecepatan 1,5x atau 2x.

Mengekspresikan diri dengan lebih baik

Berbagi momen kegembiraan, kebanggaan, bahkan kesedihan di WhatsApp. Tahun ini, WhatsApp menambahkan fitur yang memungkinkan Anda mengekspresikan diri dengan lebih baik lagi.

Reaksi emoji: Bereaksi terhadap pesan dengan emoji apa pun. Tidak hanya menyenangkan, mereka mengurangi pesan seperti "ya", "OK", "selesai" yang berlebih dalam grup. 

Avatar: Sekarang Anda dapat membuat avatar yang dipersonalisasi dan menggunakannya sebagai foto profil Anda (ini dapat menjadikan profil Anda lebih personal) atau sebagai salah satu dari 36 stiker khusus. 

Pembaruan status: Saat beberapa orang menambahkan status, Anda sekarang melihat lingkaran di sekitar profil mereka. Anda juga dapat bereaksi terhadap status seseorang dengan reaksi emoji.

Utilitas yang lebih baik

Lebih dari 2 miliar orang menyukai WhatsApp karena sederhana, selain pribadi dan dapat diandalkan. Tahun ini, WhatsApp menambahkan fitur untuk membuat segalanya lebih mudah.

Message yourself: Kirim pesan ke diri Anda sendiri, sehingga pengingat, daftar tugas, bahkan momen inspirasi Anda ada di satu tempat. 

2GB Berbagi file: Sekarang Anda dapat berbagi file, foto, dan video hingga 2GB, lompatan signifikan dari batas sebelumnya hanya 100MB. 

Migrasikan obrolan dari Android ke iOS dan sebaliknya: Anda dapat mentransfer informasi akun, setelan, foto profil, dan riwayat obrolan saat berpindah antar sistem operasi.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik