telkomsel halo

Volta konsisten bangun infrastruktur kendaraan listrik yang masif

10:00:38 | 23 Dec 2022
Volta konsisten bangun infrastruktur kendaraan listrik yang masif
JAKARTA (IndoTelko) -- 2022 merupakan tahun yang dipenuhi semangat kolaborasi bagi Volta. Perusahaan motor listrik yang merupakan anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (“IDX: NFCX”), member grup PT M Cash Integrasi Tbk (“IDX: MCAS”) ini, gencar mengembangkan inovasi dan lakukan kolaborasi di berbagai lini dalam upayanya membangun infrastruktur kendaraan listrik yang masif di Indonesia. 

Sejak peluncuran resminya pada November 2021, Volta konsisten berupaya memaksimalkan perannya untuk memberikan pengalaman terdepan bagi pengguna dalam berkendara dengan motor listrik. Mulai dari pengembangan spesifikasi teknologi dan infrastruktur, Volta kini juga menjadi pioner produsen motor listrik dalam negeri yang menawarkan program kepemilikan motor listrik yang mudah dan murah, demi memperluas akses motor listrik kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. 

Tak Henti Berinovasi, Volta Selalu Hadirkan Produk Kendaraan Listrik Terkini
Di tahun 2022, Volta memperkenalkan berbagai inovasi model motor listrik baru di antaranya adalah hasil kolaborasi bersama Bumilangit yaitu Volta edisi ‘Virgo and The Sparklings’, ‘Patriot X’, hingga model yang terbaru yaitu ‘Mandala’. Pada setiap produk yang diluncurkan, Volta berupaya untuk mengedepankan setiap komponennya dibuat dalam negeri. Sesuai dengan Uji Tingkatan Komponen dalam Negeri (TKDN), Volta telah menggunakan 47,6% komponen dalam negeri. Untuk sepenuhnya mendukung ekonomi lokal, ke depannya Volta akan berusaha untuk terus meningkatkan presentase TKDN menjadi lebih dari 50% di tahun 2023. 

Selain berinovasi dalam produk, Volta juga menghadirkan Volta Plus+, yakni program kepemilikan motor listrik termurah di kelasnya. Mulai dari Rp12.750.000* (OTR Jakarta), kini masyarakat dapat menikmati pengalaman baru berkendara dengan motor listrik Volta. Dengan Volta Plus+ pengguna dapat berlangganan baterai berbasis kilometer mulai dari Rp50.000, sehingga tak perlu merasa khawatir kehabisan baterai karena bisa menukar baterai instan di ratusan titik stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) di Indonesia.

Berkomitmen Membangun Infrastruktur Kendaraan Listrik yang Masif
Seluruh produk motor listrik Volta telah didukung sepenuhnya oleh infrastruktur Sistem Ganti Baterai (SGB). Hingga penghujung 2022, Volta berhasil mengembangkan infrastruktur SGB terbesar di Indonesia, memudahkan pengguna untuk ganti baterai di 200 titik stasiun SGB yang tersebar di beberapa kota seperti Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Solo, Bali, hingga Medan. Kehadiran infrastruktur ganti baterai yang masif tentu akan membantu mengurangi masalah kehabisan daya baterai saat berkendara dan mempermudah pengisian ulang baterai secara cepat dan efisien.

Lebih lanjut, Volta memastikan bahwa pengembangan infrastuktur SGB dibarengi dengan inovasi teknologi yang mengedepankan lingkungan. Di tahun ini, Volta membangun stasiun SGB dengan teknologi panel surya sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Kehadiran panel surya tentunya memberikan dampak baik bagi lingkungan, karena memanfaatkan energi non-fosil yang bersih dan dapat diandalkan dalam jangka panjang. 

Konsisten Sosialisasikan Penggunaan Kendaraan Listrik di Setiap Kesempatan
Dalam upaya untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, Volta tercatat melakukan beberapa kerja sama dengan berbagai pihak di tahun 2022, mulai dari BUMN seperti PLN, Pos Indonesia, Pos Logistik, ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), berbagai korporasi, hingga pemerintah. Volta berharap sinergi yang terjalin dapat mempercepat implementasi energi bersih yang bisa meningkatkan kualitas udara di Indonesia dan mengurangi emisi. 

Volta turut berpartisipasi dalam beberapa pameran seperti BUMN Start Up Day 2022 yang dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir, Ready to eMove yang diinisiasi oleh Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, Indonesia International Smart City Expo & Forum 2022, Bali EV Festival, hingga Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pada rangkaian acara KTT G20. Kehadiran berbagai produk motor listrik Volta dengan teknologi dan desain yang modern pun mendapatkan antusiasme masyarakat yang begitu luar biasa saat menyambangi booth Volta di setiap kesempatan.

Sambut Positif Kebijakan Pemerintah Terkait Subsidi Motor Listrik
Masih dalam semangat kolaborasi, Volta menyambut positif langkah Pemerintah terkait rencana kebijakan subsidi motor listrik. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang menyelesaikan skema untuk mensubsidi sekitar Rp6,5 juta per pembelian sepeda motor listrik untuk mendorong penjualan kendaraan listrik di Indonesia. Kebijakan ini tentu membuat harga motor listrik lebih terjangkau dan akan meningkatkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Mendukung kebijakan tersebut, Volta siap mengakomodir kendaraan listrik berteknologi tinggi dengan harga yang ekonomis melalui 72 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Langkah ini diyakini akan meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik sehingga bisa mengakselerasi upaya menuju target net-zero emission.

Iwan Suryaputra, Chief Executive Officer Volta menyampaikan “Kami mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah mempercayakan pilihan produk motor listrik mereka kepada Volta. Kami memandang optimis 2023 dan akan selalu berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan dengan memperkenalkan motor listrik Volta serta teknologi terdepannya kepada berbagai pihak maupun industri. Melalui berbagai inisiatif ke depan, kami menargetkan untuk menghadirkan 100.000 motor Volta di Indonesia pada 2023 mendatang. Kami sepenuhnya yakin bahwa kendaraan listrik akan segera mengaspal jalanan Indonesia, dan era baru energi bersih akan segera terwujud dalam waktu dekat.”

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year