telkomsel halo

Induk TikTok donasi US$150 ribu ke korban gempa Cianjur

10:30:00 | 14 Dec 2022
Induk TikTok donasi US$150 ribu ke korban gempa Cianjur
JAKARTA (IndoTelko) -- Bencana gempa bumi yang melanda daerah Cianjur dan sekitarnya di Jawa Barat pada akhir November lalu meninggalkan banyak korban dan luka yang mendalam, terlebih bagi mereka yang tidak hanya kehilangan rumah dan mata pencahariannya, namun juga keluarga dan kerabat terkasih.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 5 Desember 2022, tercatat setidaknya terdapat 334 korban jiwa dengan delapan korban jiwa yang masih belum ditemukan, 593 korban luka berat, dan 114.683 warga yang terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggalnya. Selain itu, lebih dari 10.000 rumah dan fasilitas publik juga terkena dampak akibat gempa, termasuk sekolah, tempat ibadah, fasilitas kesehatan dan gedung kantor.

Untuk mendukung proses tanggap darurat bencana di Cianjur dan Jawa Barat, ByteDance pada Kamis lalu (8/12) menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai 150 ribu dolar AS kepada Palang Merah Indonesia. Donasi kemanusiaan tersebut bertujuan untuk membantu para korban gempa bumi melalui aksi tanggap darurat dan pemulihan bencana Palang Merah Indonesia di Jawa Barat.

Bapak Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia menyatakan, "Dampak gempa Cianjur sangat besar dan luas dikarenakan kepadatan penduduk yang tinggi di wilayah Jawa Barat. Penanggulangan bencana yang perlu diberikan tidak hanya terdiri dari pekerjaan yang bersifat segera seperti bantuan medis, penampungan sementara, penyediaan air bersih, namun juga pekerjaan jangka panjang yang mencakup pembangunan infrastruktur yang terdampak serta pemulihan psikologis para korban. Melihat skala pekerjaan yang ada, diperlukan upaya kolektif dari semua pemangku kepentingan. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada ByteDance karena telah memberikan kepercayaan kepada Palang Merah Indonesia untuk pekerjaan kemanusiaan kami," ungkapnya.

"Di tengah masa-masa sulit, kami sangat terinspirasi oleh semangat dan perjuangan masyarakat Indonesia yang bersatu untuk saling membantu melalui berbagai platform digital ByteDance. Kami melihat bagaimana komunitas terus terlibat dan berinteraksi dalam platform kami untuk berbagi informasi terkini tentang kondisi di Cianjur, termasuk memberikan informasi bagaimana komunitas dapat saling membantu. Kami turut berduka atas tragedi Gempa Cianjur dan mendonasikan 150 ribu dolar AS kepada Palang Merah Indonesia untuk membantu upaya penanggulangan bencana," ujar Perwakilan ByteDance.

Melalui Palang Merah Indonesia, donasi ini akan digunakan untuk mendukung penanganan korban gempa Cianjur, termasuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti air, sanitasi dan kebersihan, makanan, pertolongan pertama, pembangunan hunian sementara, pencarian korban, pemulihan layanan keluarga, hingga pendampingan psikologi. Palang Merah Indonesia akan bekerja secara bertahap hingga satu tahun ke depan di setiap lokasi bencana, dimulai dari lokasi pusat gempa di Cianjur, Jawa Barat, guna menyalurkan bantuan kemanusiaan dan menangani pemulihan bencana.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year