telkomsel halo

Niagahoster: Pentingnya Google Review untuk reputasi bisnis

08:00:00 | 09 Dec 2022
Niagahoster: Pentingnya Google Review untuk reputasi bisnis
JAKARTA (IndoTelko) -- Dulu, lokasi menjadi salah satu pertimbangan utama ketika membangun sebuah bisnis. Lokasi strategis dapat menarik perhatian pelanggan dan memudahkan untuk menikmati produk atau jasa yang ditawarkan. Kini dengan digitalisasi yang semakin digencarkan, reputasi, terutama secara online, merupakan hal yang amat penting untuk dibangun.

Hal pertama dan paling banyak dilakukan orang ketika membutuhkan suatu jasa atau produk dari suatu bisnis adalah dengan mencari tahunya menggunakan bantuan Google. Tidak hanya untuk mencari website atau akun media sosial, maupun lokasi bisnis, namun juga melihat review dari bisnis tersebut.

Menurut Forbes, lebih dari 60 persen customer melihat Google review sebelum mengunjungi suatu bisnis. Popularitas Google sebagai mesin pencarian dan Google Maps sebagai penunjuk arah, membuat Google review juga menjadi acuan banyak orang untuk mencari tahu kredibilitas suatu bisnis.

Google review memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang memasarkan produk atau jasanya secara online. Untuk itu, amat penting bagi pemilik bisnis untuk memaintain Google review dengan baik untuk meningkatkan reputasi baik dan kredibiitas bisnisnya.

Reputasi Baik Tidak Didapat Secara Instan
Reputasi baik dari pelanggan tentu tidak bisa didapatkan secara instan. Memberikan pelayanan yang baik dengan produk dan jasa yang sesuai dengan standar pun harus dilakukan secara konsisten. Jika merasa puas dengan layanan yang diterima, customer pun tidak akan segan-segan untuk meninggalkan review baik mereka di Google.

Berdasarkan riset Trustklik, 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan, mereka bisa 12 kali lebih percaya pada review online dibandingkan dengan keterangan dari produk itu sendiri. Sehingga, bisnis perlu untuk mendaftar pada Google Bisnisku untuk bisa mendapatkan review dari pelanggan.

Review Google digambarkan dengan bintang 1-5 dan reputasi bisnis akan tergambar dari banyaknya bintang yang dimiliki. Seperti misalnya perusahaan penyedia layanan web hosting, Niagahoster, yang mendapatkan akumulasi 4,8 bintang dari total 2.668 total review di Google. Hal tersebut menjadi reputasi baik bagi Niagahoster sehingga dipercaya oleh ratusan ribu pelanggan.

Dilansir dari blog Niagahoster, reputasi Niagahoster berdasarkan Google review tersebut menjadi alasan 36 persen pelanggan yakin untuk menggunakan layanan Niagahoster. Tidak hanya berhenti di situ, reputasi tersebut juga menggerakkan pelanggan Niagahoster untuk merekomendasikannya pada teman atau kenalan mereka.

Google Review Sebagai Penunjang SEO
Tidak hanya penting untuk reputasi, ternyata Google review juga menunjang search engine optimization atau SEO dan ranking website di Google. Hal tersebut disebabkan karena pembaca review baik akan mengunjungi website bisnis untuk mengetahui lebih lanjut produk atau jasa yang ditawarkan.

Google juga akan melihat performa review suatu bisnis. Jika bisnis memiliki review bagus dan memberikan pengalaman baik pada pelanggan, maka Google tidak akan ragu untuk meletakkan website bisnis tersebut pada laman pencarian teratas. Karena, algoritma Google berdedikasi untuk memberikan hasil pencarian paling relevan, dan review baik akan menentukan relevansi suatu bisnis.

Analisa pelanggan secara juga bisa dilakukan menggunakan Google Bisnisku dengan fitur Analytics. Dari situ pebisnis dapat melihat performa marketing, jumlah pelanggan yang menemukan bisnis melalui Google, dan interaksi pelanggan dengan bisnis. Data tersebut juga akan membantu untuk strategi marketing yang akan dijalankan.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year