telkomsel halo

Ada robot barista di Otten Coffee, bisa racik kopi sendiri

09:00:00 | 08 Dec 2022
Ada robot barista di Otten Coffee, bisa racik kopi sendiri
JAKARTA (IndoTelko) -- Pada zaman modern ini, banyak teknologi termutakhir yang diramalkan akan mengalihkan sumber daya manusia ke sesuatu yang bersifat otomasi. Salah satu yang hangat menjadi pembicaraan adalah kehadiran robot yang dapat menjadi juru masak atau bahkan barista. Dalam sebuah studi, disebutkan bahkan teknologi semacam ini juga perlahan mulai diterima oleh masyarakat—walau terdapat banyak kekhawatiran mengenai peran manusia yang semakin terkesampingkan, terutama dalam faktor ‘interaksi langsung.

OttenMatic, misalnya, menjadi salah satu robot barista canggih pertama di Indonesia yang menjadi buah bibir karena kecanggihannya. Pertama diperkenalkan oleh Otten Coffee pada tahun 2021 silam, robot ini kerap mencuri perhatian dengan teknologi dan desainnya yang unik. Namun, apakah sebenarnya OttenMatic itu? 

“OttenMatic adalah Robot Barista personal yang akan menawarkan pengalaman ngopi yang berbeda bagi semua orang. Ya, robot ini kami perkenalkan sebagai bagian dari edukasi mengenai kopi bagi semua orang yang mengunjungi Otten Store,” pungkas Jhoni Kusno, CEO dan Co-Founder dari Otten Coffee di Senopati, Kamis (8/12). “Kehadiran OttenMatic bukan untuk menggantikan barista, tapi lebih sebagai bentuk pengalaman unik untuk minum kopi serta edukasi mengenai kopi di Indonesia bagi setiap pengunjung yang bertandang ke toko kami.”

Alih-alih sebagai peracik kopi semata, OttenMatic juga hadir untuk memberikan edukasi untuk setiap pengunjung. Saat para pengunjung datang untuk berpartisipasi dalam pengalaman ini, OttenMatic akan menyapa mereka dan meracikkan secangkir kopi. Robot ini lalu akan menceritakan perjalanan kopi yang ia suguhkan dengan bahasa yang menarik dan tidak mudah dilupakan.

“OttenMatic merupakan bentuk dari kontribusi Otten pada masyarakat untuk mengedukasi para pecinta kopi tentang proses pembuatan kopi dari hulu ke hilir,” lanjut Jhoni lagi. “Dari mulai asal biji kopi, proses roasting, hingga cara menyeduh dan alat yang dibutuhkan—OttenMatic akan menyuguhkan Anda pengalaman minum kopi unik yang tidak akan Anda temukan di mana pun.”

OttenMatic dapat dikunjungi oleh pengunjung yang datang langsung ke Otten Store di Senopati dan Bandung. Untuk bertemu robot ini, para pengunjung cukup melakukan merogoh kocek sebesar Rp.68,000, sudah termasuk segelas kopi yang akan diracikkan oleh sang robot.

“Bulan ini juga kami memiliki penawaran khusus untuk para pelanggan baru dan setia Otten. Anda bisa mendapatkan diskon spesial sebesar 35% dengan mengunjungi situs Otten (www.ottencoffee.co.id) dan mengunduh aplikasinya. OttenMatic akan menunggu kedatangan Anda!” tutup Jhoni kemudian.

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year