telkomsel halo

McEasy dukung digitalisasi sektor manufaktur

03:04:05 | 04 Dec 2022
McEasy dukung digitalisasi sektor manufaktur
JAKARTA (IndoTelko) - PT Otto Menara Globalindo berpartisipasi dalam salah satu ajang pameran terkemuka, Manufacturing Indonesia 2022, yang diadakan pada 30 November - 03 Desember 2022, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pada pameran tersebut, McEasy hadir dengan solusi unggulan untuk membantu digitalisasi dan efisiensi manajemen transportasi dan logistik. 

Saat ini industri manufaktur merupakan salah satu industri yang penting untuk dibangun dan dikembangkan, Untuk mendukung peningkatan akselerasi bisnis proses dan operasional distribusi manufaktur diperlukannya digitalisasi terutama untuk logistik dan transportasi yang menjadi pendukung seluruh proses produksi. Pemerintah saat ini mendorong kesiapan industri dalam negeri menghadapi era industri 4.0 yang kedepannya akan menggunakan peralatan automasi dan Internet of Things (IoT) akan semakin tinggi.
 
“McEasy sebagai perusahaan yang berfokus pada kebutuhan para pelaku industri berupaya untuk terus mendukung perkembangan industri logistik dan transportasi. Melalui partisipasi kami di pameran Manufacturing Indonesia 2022, dan sekaligus memperkenalkan produk andalan kami TMS, adalah sebuah sofware cerdas dan terintegrasi yang digunakan untuk perencanaan, pelaksanaa, pemantauan dan optimisasi proses pengiriman barang sercara terpadu, sehingga keseluruhan proses menjadi efisien. Pada hari ini, Industri manufaktur sudah sangat bersiap untuk industri 4.0 melalui internet-of-thing (IoT), maka dari itu melalui Sistem Saas Mceasy, yang fokus mengintegrasikan sistem yang ada di ekosistem rantai pasok (supply chain) dapat membantu meningkatkan akselerasi bisnis proses dan operasional distribusi. sistem McEasy dapat langsung di integrasikan dengan API (Application Programming Interface) atau diintegrasikan dengan sistem pelanggan sesuai kebutuhannya dan mendukung proses alur produksi,” kata CO-founder McEasy, Lanjut Raymond Raymond Sutjiono.
 
McEasy menyediakan solusi pintar untuk meningkatkan kinerja dan proses pada sistem manajemen distribusi, yakni Transportation Management System (TMS). Solusi TMS ini hadir guna membantu pegiat usaha di masing-masing bidang yang berkaitan dengan manufaktur dari hulu ke hilir sehingga operasional dapat dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Semua proses operasional akan dikendalikan dan dipantau melalui satu dashboard  secara real-time.    

TMS menyediakan berbagai macam fitur unggulan guna mendukung digitalisasi sektor industri. Diantara fitur tersebut ada Vendor Management System (VMS) dan Route Optimization. Dengan ada nya VMS dari McEasy, para stake holder mampu mengatur pada vendor yang sudah terikat kontrak untuk melakukan pengiriman barang-barang ke tangan pihak ketiga atau ke konsumen. Jadi diharapkan tidak ada lagi proses secara manual dengan kertas ataupun spreadsheet. Kemudian setelah mendapatkan order pengiriman, kita bisa langsung merencanakan jadwal dan rute pengiriman dengan menggunakan fitur Route Optimization agar daftar pengiriman yang sudah masuk akan diproses secara otomatis untuk mendapatkan jadwal, armada dan rute pengiriman secara sistematis dan jelas dalam satu dashboard. Pengoptimalan rute ini akan membantu armada menghemat bahan bakar, sehingga produktivitas operasional akan meningkat hingga 20%.   

Selain itu, fitur ini juga mengoptimalisasi kuota muatan kendaraan sehingga proses pengiriman dapat dilakukan lebih maksimal. Hasil nya, tiap armada akan mengangkut barang sesuai dengan kapasitas yang sudah ditentukan dan jika ada armada yang belum mendapatkan jadwal, armada tersebut dapat digunakan untuk menjalankan order yang lain guna menaikkan pendapatan perusahaan. 

Selain dengan menggunakan aplikasi dari TMS, langkah efisiensi dalam kegiatan operasional juga bisa menggunakan Vehicle Smart Management System (VSMS). Dengan adanya fitur pemantauan dan pengendalian kendaraan/armada dapat memaksimalkan biaya operasional dengan adanya pencatatan otomatis data mulai dari bahan bakar dan juga track record perawatan kendaraan. 

Sejak didirikan pada 2017, McEasy berkomitmen untuk mendukung industri logistik dan transportasi Indonesia. McEasy adalah perusahaan sistem manajemen dan pelacakan logistik pintar yang menyediakan solusi digital berbasis SaaS (software-as-a-service). McEasy memperkuat komitmennya untuk terus mendukung industri logistik dan transportasi lewat berbagai solusi digital andal demi terintegrasinya sistem supply chain di Indonesia.   

Sejauh ini lebih dari 50 industri telah terhubung dengan sistem McEasy. Lebih dari 400 perusahaan menggunakan layanan McEasy, termasuk perusahaan besar hingga usaha kecil & menengah. Armada yang telah terhubung dengan ekosistem McEasy telah menempuh jarak lebih dari 350.000.000 km.(wn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year