telkomsel halo

Kaspersky: Manusia takut robot, butuh tapi khawatir

08:30:00 | 28 Nov 2022
Kaspersky: Manusia takut robot, butuh tapi khawatir
JAKARTA (IndoTelko) -- Studi Kaspersky baru-baru ini tentang konsekuensi otomatisasi dan pertumbuhan penggunaan robot menunjukkan peningkatan robotisasi di perusahaan, namun sekaligus menyoroti meningkatnya jumlah risiko keamanan siber yang ditimbulkan. Saat ini, 79% karyawan percaya bahwa robot harus lebih banyak digunakan di berbagai industri, namun, 69% dari mereka juga takut akan peretasan teknologi tersebut.

Saat ini, robotika digunakan untuk mengatur sistem kontrol industri, proses produksi, dan teknologi informasi lainnya. Ini menggantikan kerja manual, meningkatkan efisiensi, kecepatan, kualitas dan kinerja. Dengan pemikiran ini, Kaspersky melakukan penelitian untuk mempelajari pandangan karyawan perusahaan manufaktur dan organisasi besar lainnya di seluruh dunia tentang konsekuensi otomatisasi dan peningkatan penggunaan robot. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan pemikiran karyawan tentang keamanan robot dan sistem otomatis di perusahaan mereka. Survei dilakukan di 15 negara: Amerika Serikat, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Argentina, Brasil, Mesir, Afrika Selatan, Arab Saudi, UEA, Turki.

Karyawan melaporkan peningkatan tingkat robotisasi di perusahaan mereka selama dua tahun terakhir. 41% karyawan mengatakan bahwa organisasi mereka telah menggunakan robot, dan 29% organisasi berencana untuk menggunakannya dalam waktu dekat.

Salah satu temuan dalam penelitian tersebut adalah responden percaya bahwa robot dapat membantu industri meningkatkan keuntungan ekonomi serta menyelamatkan orang dari tugas berbahaya.

Sudut pandang ini dibagikan oleh lebih dari separuh karyawan yang disurvei, karena 52% berpendapat bahwa penggunaan robot dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses produksi dan memangkas biaya, dan 60% percaya bahwa robotisasi dapat membebaskan orang dari tugas berat atau berbahaya. mengurangi risiko terhadap kehidupan dan kesehatan di masa depan. Ini, pada gilirannya, akan membantu karyawan menghindari tugas rutin dan membosankan serta mempertahankan posisi yang lebih menarik dan berpendapatan tinggi (36%).

Lebih dari sepertiga responden menganggap bahwa salah satu tugas utama yang dapat dilakukan robot dengan baik adalah membangun lingkungan yang aman dan mengurangi kemungkinan kecelakaan akibat kesalahan manusia. Sudut pandang ini dibagikan oleh 36% karyawan.

Temuan penting lainnya adalah bahwa risiko keamanan siber meningkat karena robotisasi.
Mayoritas responden (85%) percaya bahwa robot dapat mengalami peretasan, dan 51% mengetahui insiden seperti ini terjadi di perusahaan mereka atau bisnis lokal lainnya. Responden terpecah dalam penilaian mereka tentang seberapa aman teknologi robot: hampir setengah dari karyawan (44%) menilai bahwa tindakan keamanan siber tidak cukup untuk melindungi robot di berbagai industri, sementara 40% percaya bahwa upaya perlindungan yang memadai sudah diterapkan.

“Sistem siber-fisik lebih sering menggunakan robot industri untuk meningkatkan efisiensi produksi. Namun, teknologi baru seperti ini membawa risiko dunia maya baru karena berpotensi rentan terhadap ancaman dunia maya. Kaspersky memastikan bahwa keamanan siber tetap berada di garis depan adopsi teknologi robot sebagaimana misinya, membantu mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang dihadirkan robotisasi,” komentar Andrey Strelkov, Head of Industrial Cybersecurity Product Line di Kaspersky. 

“Dalam penelitian kami, kami meminta responden untuk menilai tidak hanya seberapa nyaman dan efisien robot untuk digunakan dalam produksi, tetapi juga tingkat keamanannya. Ternyata banyak karyawan yang percaya bahwa penggunaan robot akan menimbulkan resiko. Robot, pengontrol robot, sistem otomasi, dan rantai pasokan akan menjadi vektor utama serangan dunia maya di tahun-tahun mendatang, dan mereka membutuhkan perlindungan di sini dan saat ini. Sebelum mengintegrasikan robot ke dalam produksi, seseorang perlu menjamin ketahanan intrusi jaringan dan keamanan jaringan secara keseluruhan. Tidak semua teknologi modern dirancang dengan pertimbangan keamanan, jadi hanya penggunaan perlindungan jaringan industri mendalam dan platform pemantauan multifungsi yang akan memastikan operasi perusahaan tanpa gangguan. Solusi khusus seperti Kaspersky Industrial CyberSecurity dapat menjadi asisten yang efisien untuk melindungi robotika dalam produksi.” Tambahnya.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year