telkomsel halo

IKN sekarang ada di metaverse

09:47:26 | 30 Okt 2022
IKN sekarang ada di metaverse
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah melalui fase tes awal sejak bulan Agustus 2022, platform digital lokal berbasis interaksi sosial di dunia virtual, PT Avatara Jagat Nusantara hadirkan dunia virtual Jagat.io, yang dapat diakses publik melalui play.jagat.io di web dan aplikasi mobile.

Dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertepatan di hari perayaan Sumpah Pemuda, platform Jagat.io adalah platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata yakni Ibu Kota Nusantara (IKN). Sejalan dengan semangat Hari Sumpah Pemuda, Jagat berkomitmen hadirkan ekosistem teknologi yang terbuka dan inklusif bagi semua komunitas di Indonesia, yang mudah digunakan dari berbagai kalangan maupun perangkat teknologi.

Pada aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nobar film, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi lainnya secara imersif, baik melalui telepon genggam ataupun web. Jagat akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari pengguna untuk membuat lebih banyak inovasi di Jagat sebagai platform yang inklusif yang dapat memenuhi kebutuhan ekspresi masyarakat Indonesia.

“Di Jagat, semua orang bebas mengekspresikan diri. Dengan kehadiran avatar, masyarakat dapat mewujudkan kepribadian yang sesuai dengan aspirasi mereka, ataupun persona suka-suka. Fitur-fitur yang dihadirkan terinspirasi oleh interaksi sehari-hari, walaupun hadir sebagai avatar, selalu ada opsi berbincang dengan menyalakan mikrofon, ataupun tatap muka secara online melalui kamera. Pengalaman otentik yang diciptakan Jagat menjawab peluang globalisasi dimana interaksi sosial menjadikan generasi muda di seluruh dunia menjadi semakin dekat. Jagat mengedepankan interaksi sosial yang berakar pada perasaan senang saat berkumpul bersama teman-teman dan kebersamaan karena menurut kami bersosialisasi tidak bisa lepas dari entertainment,” kata Co-Founder dan CEO Jagat Barry Beagen.

Peluncuran dari platform Jagat juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan jajaran Menteri, partner bisnis, serta komunitas yang memeriahkan rangkaian aktivitas di dalam Jagat dan maupun secara luring di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo menyampaikan, “Hadirnya Nusantara ke dalam Metaverse dapat memupuk rasa kepemilikan serta kebangsaan terhadap Nusantara, terlebih anak-anak muda dari Sabang sampai Merauke dapat berpartisipasi aktif untuk membentuk kota masa depan Indonesia sesuai aspirasi mereka secara virtual. Kami melihat Nusantara sebagai aspirasi masa depan bangsa Indonesia, sama seperti Jagat yang membangun user-generated city. Jagat ingin menjadi sarana kreativitas masyarakat untuk menuangkan ekspresi serta harapan mereka untuk masa depan,” tambah Barry.

Pada peluncurannya, Jagat menghadirkan partner-partnernya yang sudah terjun ke dunia virtual Jagat dengan konsep unik masing-masing, diantaranya Noice, Sociolla, Bumilangit, Hepmil Media Group, ROH Project, Indozone, Jakarta Intercultural School, Pijar Foundation, dan Play3.  

Saat ini Jagat telah mempersiapkan peta pengembangan yang tak hanya membawa Ibu Kota Negara Nusantara masuk ke dalam ekosistem Jagat, namun juga brand dan kreator lokal untuk berkreasi dan beraktivitas secara nyata. “Kami percaya Jagat akan menjadi next generation social media untuk kaum muda, sebuah platform berekspresi baru bagi semua orang, termasuk kreator, komunitas, dan brand,” jelas Barry.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year