telkomsel halo

Chatat.id pacu digitalisasi UMKM

11:38:48 | 17 Okt 2022
Chatat.id pacu digitalisasi UMKM
JAKARTA (IndoTelko) - Startup Chatat.id terus melakukan pelatihan digitalisasi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa masuk ke pasar nasional maupun internasional dan efisien dalam pencatatan laporan keuangan.

“Kami baru selesai melakukan pelatihan UMKM di Kabupaten Keerom, Papua. Pelatihan kepada UMKM se-Kabupaten Keerom,” kata CEO Chatat.id, Petrus Hadi Satria Bapa.
 
Petrus menjelaskan pengguna aplikasi Chatat.id dapat mempermudah dalam menjalankan usaha dan jauh lebih efisien. Alasannya, pencatatan keuangan dibuat secara otomatis sehingga usaha UMKM bisa jauh lebih berkembang.
 
Dijelaskannya, pelatihan berisikan bagaimana para pelaku UMKM dapat memanfaatkan aplikasi pendamping usaha dalam mendigitalisasikan seluruh kegiatan usahanya, mulai dari kasir, kelola produk hingga pencatatan keuangan.

Kemudian pelatihan terkait juga bagaimana pentingnya digitalisasi laporan keuangan yang efisien dan lengkap sehingga memudahkan para UMKM mengajukan modal usaha.

Chatat.id adalah aplikasi pendamping bisnis yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memproses transaksi bisnis, pembayaran digital, mencatat keuangan, manajemen persediaan serta kegiatan bisnis lainnya,” jelas Adi.

Menurutnya, data usaha akan tersimpan dan terenkripsi dengan aman dan menghasilkan laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang akurat. Semua fitur telah terintegrasi sehingga mudah untuk dikontrol dan praktis digunakan.

“Saat ini, kami telah bekerjasama dengan sejumlah instansi seperti BNI, Mandiri, BRI, PNM, Telkom, BCA, Jamkrindo, Obormas, Xendit, OJK,” ujarnya.
 
Hingga saat ini, Chatat.id telah melakukan sejumlah pelatihan UMKM di Tanah Air. Diantaranya, pelatihan di Medan, Sumatera Utara bersama lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pelatihan itu dalam rangka gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Kemudian pelatihan UMKM di Provinsi Kalimantan Barat bersama BNI. Pelatihan lainnya terjadi di Purwakarta dan Bandung, Jawa Barat.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year