telkomsel halo

VMware dorong modernisasi jaringan di perusahaan telko

09:00:00 | 07 Okt 2022
VMware dorong modernisasi jaringan di perusahaan telko
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) VMware mengumumkan kemitraan-kemitraan baru yang mendukung communications service providers (CSPs) terakselerasi dalam melakukan modernisasi jaringan yang hemat dalam konteks biaya dan energi, serta dalam menggelar 5G core, RAN, edge, hingga dalam melakukan pengelolaan lifecycle.
 
Banyak CSP yang saat ini tengah mengebut penggelaran 5G dan Open RAN sebagai bentuk kesiapan mereka dalam memenuhi kebutuhan konsumer maupun enterprise dengan makin tingginya kebutuhan akan jaringan dengan kecepatan tinggi dan latensi yang ultra rendah dalam mendukung terselenggaranya transformasi digital. Upaya ini turut mencetuskan munculnya kompleksitas dalam operasional, dari sisi manajemen lifecycle jaringan, masalah-masalah terkait dengan interoperabilitas vendor, maupun kualitas layanan jaringan.
 
“Bagi CSP, ini adalah saat yang istimewa terkait dengan posisi mereka di rantai nilai yang dihadirkan oleh teknologi edge. Mereka bisa berperan sebagai prinsipal sekaligus bisa menyusun langkah menuju terwujudnya transformasi di edge secara hemat dari sisi biaya maupun energi,” ucap Sanjay Uppal, senior vice president and general manager, Service Provider and Edge, VMware. 
 
Ia menambahkan, “Di sisi lain, CSP juga perlu segera melakukan modernisasi jaringan dan menggelar layanan agar dapat memonetisasi investasi mereka dengan cepat. Fleksibilitas dan konsistensi yang dihadirkan oleh VMware dalam menghadirkan pendekatan multi cloud menjadi solusi bagi pelanggan CSP kami dalam mengatasi tantangan yang tengah mereka hadapi.”
 
Ekosistem Platform VMware Telco Cloud yang Makin Luas —Kini Mendukung Lebih dari 275 VNFs maupun CNFs
VMware Telco Cloud Platform 2.5 dan VMware Telco Cloud Automation 2.1 mendukung CSPs dalam mempercepat siklus inovasi dalam menghadirkan layanan jaringan mutakhir, memangkas kompeleksitas dalam hal operasional dalam proses onboarding bagi VNF dan CNF, proses intalasi, hingga manajemen lifecycle. Ini akan menjadi kunci dalam turut menekan biaya TCO secara substansial. 
 
Dalam rilis terbarunya, VMware Telco Cloud Platform kini menampilkan sejumlah kapabilitas baru, di antaranya adalah:
  • Peningkatan pada control plane dan untuk worker node proses pool kini terpisah, terkait dengan pengelolaan apabila terjadi kegagalan pada klaster-klaster. 
  • Menghadirkan perlindungan dan keamanan yang lebih baik pada jaringan 5G networks dari serangan-serangan canggih, dengan menyematkan intrusion detection and prevention systems (IDPS) untuk lalu lintas jaringan lateral east-west. 
  • Penggelaran layanan jaringan kini lebih cepat, dengan ekosistem mitra yang makin luas yang mencakup lebih dari 275 virtualized network functions (VNFs) serta containerized network functions (CNFs), seperti Mavenir Converged Packet Core.
“Sukses penggelaran 5G bergantung pada kemampuan dalam melakukan disagregasi jaringan dan dalam menghadirkan layanan-layanan baru dengan cepat dan dalam skala yang lebih luas,” ucap Ashok Khuntia, Mavenir’s President, Core Networks. “Berkat Mavenir 5G Converged Packet Core yang tesertifikasikan melalui program ‘VMware Ready for Telco Cloud,’ kami bisa melakukan validasi kelaikan atas paket CSAR dengan cepat, termasuk kemudahan dalam mengambil langkah-langkah selama proses onboarding dan dalam melakukan pengelolaan lifecycle pada fungsi-fungsi jaringan. Kehadiran VMware dan Mavenir diharapkan akan mampu mendukung CSPs cepat dalam proses onboarding dan menggelar fungsi-fungsi jaringan dengan cepat, sehingga bisa hemat biaya, waktu, serta menghadirkan kemudahan-kemudahan dalam proses integrasi.”
 
VMware Telco Cloud Automation 2.1 kini makin luas, dengan menyematkan sejumlah kapabilitas yang meliputi operasi multi cloud dan automasi, dengan dukungan mutakhir untuk AWS dan Amazon Elastic Kubernetes Service (EKS). Ini diharapkan akan mendukung CSPs dalam melakukan provisi CNFs secara langsung pada Amazon EKS secara native.
 
“Dalam rangka membangun hyper-distributed cloud pertama di dunia, hingga kini, DISH Wireless sudah menggelar ribuan edge nodes, dan akan terus bertambah dengan cepat. Jaringan 5G dan Open RAN kami menjadi aplikasi pertama yang digelar dan didukung oleh VMware Telco Cloud Automation,” tutur Marc Rouanne, EVP and Chief Network Officer, DISH Wireless. 
 
Imbuhnya lagi, “VMware Telco Cloud Automation mendukung DISH dalam mengautomasi proses penggelaran dan pengelolaan infrastruktur dan aplikasi baik fisik maupun yang virtual dalam jumlah tertentu. Berkat VMware, kini kami dapat menghadirkan penawaran platform baru bagi para pengembang agar dapat mengoptimalkan cloud ke perangkat akhir, sekaligus mampu menjadi jembatan bagi setiap hyper-scale clouds yang kami kembangkan.”
 
Kapabilitas Baru yang Makin Luas untuk Operasi Loop Tertutup pada Jaringan Mobile Berskala Besar
Rilis baru VMware Telco Cloud Service Assurance 2.0 kini mendukung use cases untuk hadirnya jaminan layanan mobile yang paripurna, seperti CaaS, 4G dan 5G mobile cores, network slicing, hingga RAN.
 
VMware sendiri juga telah memperluas cakupan kerja bersama mitranya, DISH Wireless dalam menghadirkan kemudahan para proses pengujian dan proof of concept (PoC) atas software ini. DISH Wireless melakukan pengujian pada sofware milik VMware guna memonitor infrastruktur cloud terdistribusi miliknya serta mengambil metrikulasi dan log untuk digunakan sebagai actionable insights, serta memfasilitasi proses provisi dan manajemen terautomasi dalam loop tertutup.
 
“Bagi DISH Wireless, data merupakan produk yang paling bernilai tinggi yang dihasilkan oleh cloud nirkabel milik kami. Kami saat ini tengah melakukan uji coba penggunaan VMware Telco Cloud Service Assurance untuk meningkatkan kemampuan kami menjaring data dari edge, mengantisipasi munculnya kendala-kendala, menjaga tingkat keandalan sistem tetap tinggi, serta mampu memetik nilai yang luar biasa bagi komunitas pengembang enterprise kami,” ujar Brian Mengwasser, Vice President of MarketPlace & Apps Design, DISH Wireless.
 
Mendukung Penggelaran yang Cepat, Hemat Biaya dan Energi pada Infrastruktur RAN Disagregasi 
VMware Telco Cloud Platform RAN™ 2.0 mempercepat sekaligus menghadirkan proses penggelaran yang simpel di seluruh lingkungan RAN yang terdistribusi dengan menampilkan automasi cloud smart. Melalui rilis terbaru ini, produk ini kini tampil dengan performa, tingkat operatibilitas, dan skalabilitas yang jauh lebih tinggi, sehingga mampu mengakselerasi pada proses pengadopsian dan time-to-launch.
  • Kehadiran VMware Bare Metal Automation mendukung CSPs dalam melakukan provisi nirsentuh dan pengelolaan lifecycle, dari provisi bare metal ke infrastruktur telco cloud serta pada fungsi-fungsi jaringan.
  • Peningkatan-peningkatan yang disematkan pada VMware ESXi (termasuk pada platformnya) menghadirkan performa latensi yang setara pada bare metal, namun dengan tingkat fleksibilitas, agilitas, dan keamanan yang tinggi seperti melekat pada jenis platform virtualisasi. (sar)
Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year