telkomsel halo

NTT bangun jaringan private 5G terbesar di Las Vegas

09:00:00 | 01 Okt 2022
NTT bangun jaringan private 5G terbesar di Las Vegas
JAKARTA (IndoTelko)  -- NTT ekspansi jaringan Private 5G (P5G) untuk Kota Las Vegas pada Mobile World Congress 2022 (MWC) di Las Vegas, Nevada. Proyek ini melibatkan pengerahan dan penyediaan P5G NTT untuk membangun jaringan tertutup (private) paling besar di Amerika Serikat.

Tujuan ekspansi ini adalah agar jaringan berfungsi sebagai platform terbuka yang tersedia untuk bisnis lokal, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk menyebarkan solusi inovatif yang memperkaya kehidupan penduduk Las Vegas, sekaligus pendatang. Saat ini NTT bekerja sama dengan mitra yang jumlahnya lebih dari dua kali lipat jumlah access point network (APN) di seluruh Las Vegas.

Tidak seperti kebanyakan penyebaran Citizens Broadband Radio Spectrum (CBRS) yang hanya menjangkau bagian dalam gedung atau industri, jaringan ini meluas ke seluruh ruang publik. P5G NTT juga merupakan jaringan pertama yang terbuka untuk APN pihak ketiga dan perangkat pengguna akhir. Teknologi ini menjadikan Las Vegas sebagai pusat teknologi bagi warga dan korporasi di wilayah perkotaan.

"Jaringan kota Las Vegas akan mendorong inovasi dan menjadi model bagi kota dan bisnis di seluruh dunia. Setelah diimplementasikan, ini akan menjadi penyebaran CBRS jaringan kota terbuka terbesar di AS. Dengan dukungan layanan NTT, perusahaan lokal dapat menggunakan perangkat mereka dan mengembangkan aplikasi mereka di jaringan. Dengan cakupan seluruh kota, penduduk dan pendatang akan merasakan peningkatan konektivitas, keselamatan dan keamanan, serta akses kesehatan dan layanan penting lainnya," kata Shahid Ahmed, Group EVP of New Ventures and Innovation NTT Ltd. 

Melalui jaringan yang terbuka dan cerdas, NTT dapat menyesuaikan layanan jaringan agar sesuai dengan berbagai kebutuhan untuk aplikasi yang sudah ada maupun baru, baik yang melibatkan full stack, edge, atau solusi cerdas. Beberapa kasus penggunaan awal meliputi:

    Pendidikan: peningkatan konektivitas dan aplikasi pembelajaran jarak jauh untuk siswa Clark County School District.
    Keamanan: sistem pemantauan cerdas, termasuk kamera penginderaan gerak, di taman, pusat kegiatan, area padat lalu lintas, dan lokasi kota lainnya untuk membantu penegakan hukum.
    Kesehatan: konektivitas yang lebih baik bagi penduduk berarti akses ke lebih banyak layanan, seperti telehealth.
    Kota Las Vegas, termasuk para pemangku kepentingan, dan komunitas bisnisnya akan mendapat manfaat dari kemampuan jaringan P5G, termasuk latensi ultra-rendah, lebih bisa diandalkan, kapasitas besar, keamanan tanpa celah, dan manajemen yang fleksibel. Ketika terjadi peningkatan penggunaan, jaringan ini akan menjadi suplai tambahan yang dapat meningkatkan pendapatan kota, sekaligus menunjang pemeliharaan, perluasan, dan peningkatan jaringan. Model jaringan ini, serta layanan dan aplikasi baru yang diluncurkan di Las Vegas, dapat direplikasi dan dipasarkan ke seluruh kota di AS.
"Tujuan kami adalah selalu menjadikan Las Vegas sebagai komunitas terbaik bagi penduduk dan pendatang dengan meningkatkan pendidikan, pengembangan tenaga kerja, dan keselamatan. Untuk mewujudkan ini, kami perlu memperluas kemampuan nirkabel dan konektivitas seluruh kota sehingga Las Vegas memilih untuk bekerja sama dengan NTT. Dengan sederet keahliannya, NTT membantu Las Vegas menjadi pusat teknologi dan basis ekonomi yang kuat," kata Michael Sherwood, Chief Innovation Officer City of Las Vegas.

Sebagai pemimpin dalam multi-proyek dan multi-fase untuk Kota Las Vegas, NTT menyediakan platform P5G, meliputi layanan LTE/5G berbasis Network as a Service (NaaS) yang mengintegrasikan keamanan, kontrol, dan privasi berdasarkan desain serta memungkinkan perusahaan dan pelanggan lain untuk secara fleksibel mengamankan, meningkatkan, dan mengelompokkan jaringan mereka. Penyedia teknologi jaringan area lokal (LAN) P5G, Celona, ​​bersama NTT kini tengah mengerjakan proyek ini. Salah satu kontribusi Celona adalah model operasional yang ditentukan perangkat lunak yang dapat melacak indikator kinerja utama untuk ekosistem terbuka penyedia perangkat dan aplikasi terkemuka di pasar. 

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan NTT dalam proyek bersama ini dan kesempatan untuk memberikan kelincahan dan efisiensi operasional yang unik kepada pengguna akhir di Las Vegas dalam pengembangan jaringan P5G," kata Rajeev Shah, Pendiri dan CEO Celona.

Las Vegas mulai bermitra dengan NTT pada tahun 2018 dengan memanfaatkan NTT Smart Solutions untuk meningkatkan keselamatan dan kesadaran situasional, serta mengurangi kemacetan lalu lintas dan memandu pengemudi yang salah jalur di kota dengan menggunakan sensor, IoT, big data, dan analitik prediktif.

Pada 2020, NTT dan Las Vegas mengumumkan perluasan Accelerate Smart Project dengan memasukkan kasus penggunaan Smart Park di beberapa lokasi untuk meningkatkan keselamatan publik dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi warga dan pendatang.

NTT Smart Solutions telah mengubah Las Vegas menjadi kota cerdas sesungguhnya dan berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih aman, lebih inklusif, dan berkelanjutan. Menyebarkan aplikasi pada jaringan terbuka pada P5G adalah yang perdana diluncurkan di pasar, baik dari segi skala maupun keterbukaan. Salah satu manfaat pertama bagi warga kota setelah peluncuran jaringan ini adalah perluasan NTT Smart Solutions ke taman-taman baru dengan peningkatan keselamatan dan layanan ekstra lainnya. (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year