Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Cara memaksimalkan konten kreator untuk strategi marketing

09:00:00 | 16 Aug 2022
Cara memaksimalkan konten kreator untuk strategi marketing
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -- Potensi industri konten kreator di Indonesia setiap tahun semakin bertumbuh, terutama dengan adanya pandemi. Ketika sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di rumah dan ditemani oleh gadget, mereka cenderung lebih sering menonton konten-konten menarik di berbagai platform.

Saat ini juga semakin banyak konten kreator yang menampilkan keunikan diri mereka dan menarik perhatian publik karena berbeda dari yang lain. Meskipun mereka masih berusaha untuk meraih jumlah subscriber sebanyak yang lain, namun potensi besar mereka tidak bisa diabaikan.

“Potensi industri konten kreator di Indonesia berdasarkan data dari Katadata di awal 2022 ditaksir mencapai senilai 7 triliun,” ujar Donny Yudhistira Nugroho, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster pada kesempatan event LiteBites Niagahoster 54.0 beberapa waktu lalu.

Dengan konten yang menarik, banyak brand atau produk kemudian mengajak kreator bekerjasama untuk memasarkan brand atau produk tersebut. Berdasarkan riset, opini konten kreator banyak diikuti oleh penonton konten mereka. “62% konsumen Indonesia mengaku berminat untuk membeli produk yang dipromosikan oleh konten kreator atau influencer,” lanjut Donny.

Partnership Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak brand atau bisnis yang memanfaatkan partnership marketing untuk memasarkan produk mereka. Brand-brand tersebut bekerjasama dengan konten kreator atau influencer yang memiliki banyak followers di platform yang mereka gunakan. 

“Partnership marketing atau bekerjasama dengan pihak lain untuk mempromosikan produk atau brand akan menambah jangkauan audiens yang selama ini belum masuk dalam target marketing,” tambah Donny.

Bekerjasama dengan partner untuk mempromosikan brand atau produk memiliki berbagai keuntungan. Hal tersebut disebabkan karena semakin hari channel partnership marketing terus bertumbuh dan menjadi channel yang patut diperhitungkan.

“Semakin banyak konten dari partner, audiens mereka akan semakin aware tentang keberadaan brand kita dan perlahan-lahan akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi website. Trafik website pun semakin bertambah dan meningkatkan ranking Google. Dari situ, ketika ada orang lain yang mencari keyword terkait di Google maka website brand atau produk kita yang akan muncul paling atas,” jelasnya.

Pelajari Kebiasaan Calon Konsumen

Untuk menentukan konten kreator yang tepat sebagai partner marketing, brand atau produk harus memahami kebiasaan calon konsumen. Berdasarkan riset, saat ini manusia secara umum lebih mudah terdistraksi dan fokusnya cukup pendek. Oleh karena itu, konten video singkat menjadi yang paling digemari saat ini.

“Sekarang video 15 detik masih banyak disukai. Tapi lama-kelamaan nanti fokus manusia untuk melihat layar atau konten akan terus berkurang. Sehingga, brand harus memahami customer behavior untuk kemudian memanfaatkannya sebagai metode digital marketing,” ujarnya.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Kebiasaan calon konsumen pun akan terus berubah seiring dengan situasi yang juga masih terus berubah. Pandemi yang semakin membaik dan kegiatan offline yang mulai kembali marak dilakukan akan mengubah customer behavior.

“TikTok sekarang sangat terkenal karena video yang dihadirkan cukup singkat dan menarik. Sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai platform digital marketing. Namun hal ini belum tentu akan sama untuk setahun ke depan. Poinnya adalah mengikuti tren dan menyesuaikannya dengan audiens dan produk,” tutup Donny.

Bakti
Niagahoster sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting pun memberikan wadah bagi pemilik bisnis, pelaku UMKM, digital marketers, serta masyarakat umum untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mengikuti perubahan situasi dengan mulai membaiknya pandemi di Indonesia melalui event Brand Marketing Con 2022 yang akan diselenggarakan secara gratis pada 24-25 Agustus 2022. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year