Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

2022, belum terlambat untuk nge-blog

10:00:00 | 27 Jun 2022
2022, belum terlambat untuk nge-blog
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -- Di masa awal kemunculannya, blog lebih banyak digunakan sebagai jurnal atau buku harian online yang menampilkan tulisan-tulisan pribadi. Saat ini, blogging sudah berkembang jauh dari hanya sekadar sebuah catatan. Melainkan juga sebagai sumber informasi dan tempat promosi brand.

Meski saat ini media sosial lebih menarik perhatian dengan konten-konten yang disajikan, namun bukan berarti blog sudah tidak banyak digemari. Dilansir dari Forbes, blog tidaklah hilang atau mati. Sebaliknya, blog masih dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Dari mulai membangun online presence, hingga kebutuhan digital marketing.

Eni Martini, Ketua Komunitas Connecting Mama, mengatakan bahwa blogging bisa menjadi lahan menghasilkan uang yang bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa keluar dari rumah.

Berdasarkan Digital Report April 2022 dari We Are Social dan Hootsuite, 60,2% pengguna internet menggunakan waktunya menjelajah internet untuk mencari informasi. Blog yang ditulis dengan baik dan memberikan informasi yang dibutuhkan pun akan berkesempatan untuk meraih banyak pengunjung dan mendapat keuntungan dari trafik tersebut.

Menulis Blog Sangat Menyenangkan dan Menguntungkan
Dengan berbagai hal yang bisa dilakukan menggunakan blog, blogging menjadi tempat yang menyenangkan dan menguntungkan bagi para pelakunya. Dalam kesempatan yang sama, Eni menceritakan tentang kisahnya beralih dari penulis novel romance menjadi seorang blogger profesional.

“Era digital sangat membantu bidang kepenulisan untuk semakin maju dibanding saat belum banyak tersentuh digitalisasi. Blog menjadi tempat yang tepat untuk melanjutkan profesi dan kebiasaan menulis dan terbukti memang saat ini banyak yang lebih suka membaca sesuatu lewat internet dibandingkan buku secara fisik,” ujarnya.

Blogger lain, Lucia Priandarini, dalam event BlogVerse Niagahoster terpisah, juga mengatakan bahwa menulis blog adalah hal yang paling menyenangkan dan banyak membantunya, bahkan ketika melamar pekerjaan.

“Ketika saya melamar pekerjaan dan dipanggil untuk wawancara, HRD kantor itu sedang membaca blog saya padahal saya tidak pernah mencantumkan nama blog saya di CV. Tapi blog itu secara tidak langsung sudah memperkenalkan diri saya ke HRD tersebut atau bisa dikatakan sebagai online presence saya,” kisahnya.

Memulai Blogging di Tahun 2022
Memulai blogging adalah hal yang mudah karena banyak platform blog yang menyediakan layanan secara gratis seperti Blogspot dan WordPress. Kedua platform tersebut cukup disarankan karena mudah dikustomisasi dan memiliki banyak pilihan tema yang mudah dieksplorasi.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
“WordPress menyediakan banyak tutorial, plugin keamanan, dan pilihan meningkatkan performa dengan SEO,” ujar Akrilvha Deainert, Product Manager Niagahoster. Kalaupun nantinya perlu membeli hosting dan domain untuk menjadi blogger yang lebih profesional, layanan Simple WordPress Niagahoster bisa menjadi pilihan.

Blogger juga harus menentukan ingin membuat blog yang seperti apa, apa tema atau nichenya sehingga lebih fokus. Dari situ, terbuka kesempatan bagi blogger untuk mempromosikan suatu brand yang sesuai dengan niche blog, ataupun mengikuti program afiliasi dari brand yang berkaitan.

Bakti
Bergabung dengan komunitas juga akan membantu blogger menjalin relasi dan menggali pengetahuan dari yang lebih berpengalaman. Niagahoster sangat mendukung komunitas blogger dan memfasilitasi berbagai kebutuhan mereka. Salah satunya dengan adanya grup Telegram dan event rutin BlogVerse bagi para blogger Indonesia. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year