telkomsel halo

Hengkang dari Bukalapak, Rachmat Kaimuddin gabung Kemenko Marves

08:24:16 | 05 Jan 2022
Hengkang dari Bukalapak, Rachmat Kaimuddin gabung Kemenko Marves
JAKARTA (IndoTelko) - Mantan CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin sepertinya tak lama menganggur.

Pasca mengumumkan diri keluar dari Bukalapak, Rachmat Kaimuddin akan duduk sebagai Technology Sustainability Development Special Advisor di Kemenko Marves.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa salah satu pertimbangan menunjuk Rachmat karena ia memiliki banyak pengalaman di bidang teknologi dan pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan Rachmat membawa Bukalapak menjadi perusahaan unicorn pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menjadi pertimbangan.

"Kehadiran Saudara Rachmat di sini dalam bentuk komitmen pemerintah mendorong terjadinya transformasi besar utamanya dalam bidang pembangunan teknologi Indonesia ke depannya, di mana saudara Rachmat memiliki segudang pengalaman di bidang tersebut," kata Luhut melalui kanal Youtube.
 
Luhut mengaku sudah mengenal Rachmat sebelum bergabung dengan Kemenko Marves. Dia menyebut status Rachmat yang memiliki gelar Bachelor of Science dari MIT Cambridge dan MBA dari California Institute of Technology di Amerika Serikat turut menjadi pertimbangan. Selain itu, Rachmat juga disebutnya telah berprestasi sejak masa SMA karena pernah mengikuti ajang Olimpiade Matematika dan Fisika.

Dikatakannya, kehadiran Rachmat penting bagi Kemenko Marves karena banyak program kerja dan pekerjaan yang membutuhkan sumbangsih dari orang sepertinya.

"Saya juga melihat keahlian Saudara Rachmat sangat penting dan saya sangat hargai keberaniannya meninggalkan kenyamanan di dalam kedudukannya di private sector dan bergabung dengan pemerintah," tuturnya.

Setelah bergabung dengan Kemenko Marves, Rachmat akan ditugaskan mengawal berbagai program, salah satunya program investasi di Kalimantan Utara yang nilai investasinya mencapai US$ 132 miliar. Rachmat juga dibutuhkan untuk membawa sudut pandang dan pola pikir yang tajam, cerdas, dan berorientasi market.

"Karena itu saya mengundang teman-teman sekaliber Rachmat untuk kalian mau bergabung di pemerintah, memberikan sumbangan pikiranmu, karena kalian adalah pahlawan yang turut membawa perubahan bagi negeri ini, menjadi agent of change," katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year