telkomsel halo

Alibaba Cloud buka akses IoT

04:06:30 | 17 Dec 2021
Alibaba Cloud buka akses IoT
JAKARTA (IndoTelko) - Tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, Alibaba Cloud, mengumumkan telah membuka akses kode sumber Yun on Chip (YoC), plaftorm pengembangan teknologi full-stack untuk perangkat IoT milik Alibaba. Inisiatif ini merupakan sebuah kelanjutan dari pembukaan akses Xuantie IP seri Core yang dilakukan perusahaan pada Oktober tahun ini.

Dikatakan Direktur Senior Pengembangan Ekosistem Alibaba Grup, Dr. Jing Yang, pengumuman ini merupakan bukti dukungan Alibaba secara yang berkesinambungan pada ekosistem perangkat lunak (software) RISC-V dan sebagai bentuk komitmen Alibaba pada komunitas open-source. “Dengan memberikan akses pada platform pengembangan teknologi kami, termasuk IP cores dari prosesor IoT in-house, kami ingin menunjukkan dedikasi perusahaan dalam membantu para pengembang (developer) IT global untuk menciptakan sistem IoT berbasis RISC-V buatan mereka sendiri secara efisien dan hemat biaya,” katanya.

YoC mengadopsi konsep desain pengembangan sistem yang sederhana (minimalist development) yang dapat mempermudah developer untuk mengefesiensikan pengembangan sistem full-stack  dari edge  ke cloud. Berada di pasar dimana aplikasi IoT terfragmentasi, YoC menawarkan platform perangkat lunak bebas akses yang dapat diukur dan mudah diadopsi untuk mendukung beragam chip IoT, termasuk beragam aplikasi yang berbeda seperti Bluetooth, WiFi, audio, dan multimedia. 

YoC juga memiliki kelebihan dengan memiliki stack perangkat lunak yang memiliki domain khusus dan Integrated Design Environment (Ekosistem Desain Terintegrasi) yang akan membantu developer untuk merancang sistem operasi sesuai fungsi dan kebutuhan mereka – seperti akselerasi kecerdasan buatan (AI), pemrosesan suara, mesh networking, dan pengaturan gerakan – secara efisien.

YoC memiliki empat lapisan termasuk lapisan perangkat keras yang spesifik, lapisan layanan utama, layanan komponen aplikasi, dan lapisan kerangka kerja bisnis. Keseluruhan lapisan ini akan menyediakan kerangka kerja perangkat lunak beragam aplikasi domain sehingga kesulitan dalam mengembangkan solusi di aplikasi tersebut dapat berkurang. Saat ini, platform YoC menyediakan konektivitas (connectivity), BLE/MESH, suara cerdas (intelligent voice), visual AI tingkat keamanan dan kerangka kerja GUI.

YoC ini juga menghadirkan beragam fitur seperti fitur optimasi secara mendalam dan perangkat lunak dengan beragam komponen. Perangkat lunak penting dalam YoC sangat dioptimalkan untuk kepadatan kode yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih tangguh, mendukung instruksi SIMD akselerasi RISC-V. Sistem perangkat memiliki beragam komponen perangkat lunak, termasuk sistem operasi secara langsung dan berkala, stack jaringan protokol, pemrosesan audio dan video secara berkala, generic file system, manajemen perangkat, dan manajemen penggunaan daya rendah. Platform ini juga menawarkan fitur keamanan yang komprehensif, memberikan perlindungan keamanan pada tingkat sistem dan tingkat chip. 

Alibaba Cloud telah mengumumkan pembukaan akses XuanTie IP seri core di awal tahun ini, diantara beberapa core lain yang akan datang. Para developer kini dapat mengakses kode sumber XuanTie IP seri core di Github dan Komunitas Open Chip, untuk membuat prototipe chip ciptaan mereka sendiri, yang mana dapat dikustomisasi untuk aplikasi IoT, seperti jaringan, gateway, dan server edge. (ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year