telkomsel halo

Intel keluarkan keluarga terbaru 12th Gen Intel Core

11:54:37 | 16 Nov 2021
Intel keluarkan keluarga terbaru 12th Gen Intel Core
SAN FRANSISCO (IndoTelko) – Intel memperkenalkan keluarga prosesor 12th Gen Intel Core dalam ajang Intel Innovation, yang ditandai dengan peluncuran enam prosesor desktop yang unlock, termasuk prosesor gaming terbaik di dunia, yakni 12th Gen Intel Core i9-12900K.

Dengan max turbo boost hingga 5.2 GHz dan memiliki 16 core serta 24 thread, prosesor desktop terbaru ini mencapai performa multi-thread yang paling unggul, khusus bagi para enthusiast gamer dan kreator profesional.

Jajaran lengkap keluarga 12th Gen Intel Core mencakup 60 prosesor, yang dirancang untuk mendukung lebih dari 500 desain dari berbagai mitra. Sebagaimana yang diungkapkan pada Intel Architecture Day 2021, performance hybrid architecture terbaru dan yang pertama dibangun menggunakan teknologi proses Intel 7 ini mampu menghadirkan performa yang scalable, dari 9 hingga 125 watt untuk mendukung berbagai segmen PC dari laptop yang tipis dan ringan hingga jenis enthusiast desktop dengan performa tertinggi.

“Performance hybrid architecture dari prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Ini diawali dengan kehadiran prosesor flagship Core i9-12900K – prosesor gaming terbaik di dunia – dan Anda akan menyaksikan pengalaman yang lebih luar biasa saat kami mengirimkan seluruh keluarga 12th Gen dan yang selanjutnya,” kata Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group Gregory Bryant.

Enam prosesor desktop unlock yang diluncurkan hari ini adalah prosesor pertama yang berbasis performance hybrid architecture dari Intel. Prosesor ini menampilkan kombinasi dari Performance-cores (P-cores), CPU core berperforma paling tinggi yang pernah dirancang oleh Intel, dan Efficient-cores (E-cores), yang didesain untuk performa workload multi-thread yang memiliki skalabilitas tinggi.

Intel Thread Director memungkinkan dua core microarchitecture terbaru bekerja secara mulus dengan cara memandu operating system (OS) menempatkan thread yang tepat pada core yang tepat pada waktu yang tepat. Intel telah bekerja sama dengan ekosistem untuk melakukan pengujian ekstensif untuk mengoptimalkan performa dan kompatibilitas. Sebagai bagian dari inisiatif untuk memperkuat investasi di komunitas developer, Intel telah menerbitkan white paper bagi para developer berupa panduan bagaimana vendor software independen dapat mengoptimalkan aplikasi untuk platform performance hybrid.

Prosesor desktop 12th Gen Intel Core yang sudah unlock kini tersedia melalui program pre- order dari OEM, channel partner, dan retail yang berpartisipasi. Ketersediaan yang lebih luas akan dimulai pada 4 November di mana lebih dari 140 pelanggan di lebih dari 30 negara diperkirakan akan membeli prosesor-prosesor terbaru tersebut sampai akhir tahun ini. Harga mulai dari US$264 sampai US$589 untuk prosesor desktop yang sudah unlock.

Intel diperkirakan akan mengirimkan ratusan ribu prosesor desktop “K” 12th Gen Intel Core pada akhir tahun ini dan mengirimkan lebih dari 2 juta hingga akhir Maret 2022. Untuk segmen yang lebih luas seperti desktop, perangkat mobile, dan komersial, diperkirakan akan tersedia pada awal 2022. Intel juga mengirimkan 28 SKU dalam keluarga prosesor 12th Gen Intel Core ke mitra OEM.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year