Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Anak Usaha Surge dan Mitsui rencanakan kolaborasi untuk pembangunan serat optik

04:58:00 | 06 Nov 2021
Anak Usaha Surge dan Mitsui rencanakan kolaborasi untuk pembangunan serat optik
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) (“Weave”, Kantor Pusat: Jakarta), anak perusahaan dari perusahaan infrastruktur digital & konektivitas PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX: WIFI) (Surge), bersama dengan perusahaan infrastruktur global asal Jepang Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui, Kantor Pusat: Tokyo, Jepang) hari ini mengumumkan bahwa kedua pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang tidak mengikat untuk bersama-sama mendorong pembangunan infrastruktur jaringan serat optik berkapasitas besar di Pulau Jawa, Indonesia.

MoU tersebut berisikan rencana keduanya untuk berkolaborasi dalam memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan infrastruktur digital dan memfasilitasi kemungkinan investasi bersama. Kolaborasi ini diharapkan nantinya dapat memastikan percepatan penggelaran serat optik di sepanjang rel kereta api di berbagai lokasi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur serta keunggulan operasional untuk memberikan tingkat pelayanan yang kuat dan berkualitas tinggi kepada mitra.

Dikatakan CEO Surge, Hermansjah Haryono, pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan Mitsui, salah satu perusahaan global terbesar dalam infrastruktur digital, dengan kredibilitas dan inovasi yang sudah tidak diragukan lagi. Ini merupakan validasi atas misi dan model bisnis Surge di Indonesia untuk hadirkan konektivitas bagi masyarakat luas, terutama di kabupaten dan kota Tier-2 dan Tier-3 di Indonesia yang belum memiliki akses internet yang berkualitas dan terjangkau. 

“Dari perspektif bisnis, karena sebagian jaringan serat optik kami telah hampir rampung, Weave juga terus mempersiapkan diri untuk menyediakan beragam solusi konektivitas, internet, edge data center, dan telekomunikasi. Kami juga sedang berdiskusi secara intens dengan sejumlah calon pengguna dari perusahaan multinasional lainnya yang berbasis di kawasan industri Cikarang, dan kami sangat terbuka untuk kerjasama dengan berbagai pihak lain yang juga memiliki misi yang sama untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia,” katanya.

Mitsui (8031: JP) merupakan perusahaan perdagangan dan investasi global dengan portofolio bisnis terdiversifikasi yang menjangkau sekitar 63 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Tengah & Selatan, Timur Tengah,AfrikadanOseania. Mitsui memiliki lebih dari 5.500 karyawan dan menyebarkan bakat di seluruh dunia untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menumbuhkan bisnis dalam kolaborasi dengan jaringan global mitra terpercaya. Mitsui telah membangun portofolio bisnis inti yang kuat dan beragam yang mencakup industri Sumber Daya Mineral dan Logam, Energi, Mesin dan Infrastruktur serta Kimia.

Mitsui telah melakukan diversifikasi lebih jauh di luar pilar bisnis utamanya untuk menciptakan nilai multifaset di sektor baru, termasuk Solusi Energi, Perawatan Kesehatan dan Nutrisi yang inovatif dan melalui fokus strategis pada pasar Asia yang tumbuh tinggi. Strategi ini bertujuan untuk memperoleh peluang pertumbuhan dengan memanfaatkan beberapa mega-tren utama dunia: keberlanjutan, kesehatan dan kebugaran, digitalisasi dan pertumbuhan kekuatan konsumen.

Perusahaan ini memiliki warisan yang panjang di Asia, dimana portofolio strategis bisnis dan mitra yang beragam telah terbangun yang menunjukkan keunggulan kompetitif yang kuat, membuka akses bagi semua mitra global ke kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dan memperkuat portofolio internasionalnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang bisnis Mitsui & Co kunjungi, www.mitsui.com

Sebagai bagian dari tiga pilar bisnis Surge, Weave adalah neutral carrier provider & collaborator yang unik yang memberi nilai tambah pada konektivitas berkapasitas tinggi dan mendukung transformasi digital untuk ISP lokal dan bisnis data center di berbagai daerah di Indonesia. Dengan pilar bisnis lainnya seperti media periklanan serta pengembangan teknologi berbasis aplikasi, Surge memberikan layanan seperti layanan Wi-Fi gratis di fasilitas commuter line Jabodetabek dan stasiun kereta api, media kreatif, dan berbagai aplikasi yang menarik konsumen & mitra bisnis. Diantaranya untuk program loyalitas, pengiriman makanan, konsultasi pertanian, marketplace asuransi mikro, ritel, layanan publik, perawatan kesehatan, dan gaya hidup & hiburan.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Perkiraan terbaru dari Bank Dunia menyebutkan, total jumlah pelanggan fixed broadband di Indonesia sekitar 9,7 juta, yakni sebesar 4 persen dari populasi atau 16 persen rumah tangga. Dengan demikian, meskipun kinerja Indonesia relatif baik dibandingkan dengan beberapa negara tetangga regional dalam hal penetrasi mobile broadband, Indonesia masih tertinggal dengan beberapa negara tetangga regional seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam pada mobile broadband berkecepatan tinggi (4G/LTE) maupun fixed broadband. Hal ini penting, karena studi lain dari Alpha-JWC dan Kearney2 menjelaskan bahwa dengan dukungan yang tepat seperti infrastruktur digital, kota-kota Tier-2 dan Tier-3 di Indonesia dapat berkontribusi 30-50% dari ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025.

Sejak akhir 2019, Surge melalui Weave memulai pembangunan serat optik di sepanjang rel kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepanjang 2.800 km atau lebih dari 580 stasiun yang terletak di 9 wilayah operasional PT KAI. Pengembangan ini didesain untuk meningkatkan jaringan infrastruktur data yang sangat cepat, stabil dengan latency yang rendah di pulau Jawa yang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas bandwidth sangat besar, sampai dengan 15.000 Gbps. Kapasitas bandwidth sebesar ini dihadirkan berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan Surge dengan PT KAI dengan memperkirakan kebutuhan bandwidth di Indonesia 10 tahun mendatang berdasarkan multiple point of presence (MPOP), yakni setiap kota dan stasiun yang dilewati di Pulau Jawa dan Sumatera.

Bakti
Agustus than ini perseroan sedang merampungkan finalisasi tahap awal penggelaran jaringan serat optik di ruas Jakarta - Cikarang - Bandung dan Jakarta - Bogor. Penggelaran di sepanjang 180 km ini ditargetkan telah rampung pada akhir September 2021. Perseroan juga sudah merencanakan komersialisasi infrastruktur yang dibangun khususnya bagi partner bisnis maupun konsumen langsung melalui berbagai inisiatif. Kabel serat optik yang terbangun akan terhubung dengan perangkat switching Dense Wavelength Division Multiplexing (“DWDM”) di seluruh Jawa, untuk memfasilitasi interkoneksi pertukaran internet. (ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year