Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Alibaba Cloud perkuat produk untuk pasar korporasi

09:24:37 | 22 Okt 2021
Alibaba Cloud perkuat produk untuk pasar korporasi
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)– Alibaba Cloud memperkenalkan Tingwu, sebuah meeting assistant bertenaga AI, dan juga pembaharuan pada cloud computer-nya. Kedua solusi tersebut dibuat untuk menjawab kebutuhan dunia kerja saat ini dan permintaan yang melonjak dari para pekerja perusahaan yang menginginkan dukungan otomatis ketika bekerja dari jarak jauh (working remotely), sebuah tren yang dipercepat oleh pandemi.  

Tingwu adalah meeting assistant berbasis AI yang dibuat oleh Speech Lab of Alibaba DAMO Academy (DAMO), sebuah inisiatif penelitian global dari Alibaba Group. Teknologinya bekerja dengan mengonversi konten yang dibicarakan saat meeting ke dalam bentuk tulisan secara real time dengan tingkat akurasi 98%*, memberikan sebuah pengalaman yang efisien bagi para penggunanya.

“Didukung oleh solusi pengenalan end-to-end kami, akurasi dan fitur canggih dari Tingwu menjadikannya alat yang sempurna bagi para pelaku bisnis ketika menyelenggarakan konferensi dan melakukan wawancara, baik online dan offline, di berbagai lokasi. Sebagaimana perusahaan terus menjalani kerja jarak jauh, Tingwu berada di posisi yang tepat untuk mengubah sebuah pertemuan bisnis menjadi lebih produktif dengan kemampuan transkripsi suara otomatisnya, yang mudah digunakan,” kata Head of Speech Lab of Alibaba DAMO Academy Zhijie Yan.

Menggunakan algoritme milik DAMO untuk menganalisa voiceprints dan bearings, Tingwu yang akhirnya diperkenalkan di Apsara Conference tahun ini, mampu membedakan hingga 10 suara dari masing-masing peserta pertemuan (meeting). Asisten ini dilengkapi dengan microphone cerdas yang dapat menerima dan mengenali suara dengan mudah hingga jarak 10 meter sekaligus mengurangi background noise.

Didukung dengan kemampuan pengenalan suara otomatis, kemampuan untuk memproses Bahasa sehari-hari, dan teknologi deep technologies, membuat Tingwu mampu memahami Bahasa Inggris dan Mandarin dengan 14 dialek Bahasa mandarin, dan juga dapat mengoreksi atau memperbaiki catatan secara otomatis sesuai dengan konteks keseluruhan dari sebuah pertemuan. Asisten ini juga dapat mengatur catatan rapat sesuai dengan kata kunci (keywords), menghasilkan rangkuman, dan juga menuliskan langkah yang harus dilakukan selanjutnya.

Di Tiongkok, Tingwu telah terintegrasi dalam DingTalk, sebuah kolaborasi platform digital yang diciptakan oleh Alibaba Group, untuk meningkatkan efisiensi dari sebuah rapat di dalam platform tersebut, dengan membuat transkrip pembicaraan secara otomatis dan berbagi catatan dengan para peserta rapat.

“Fungsionalitas Tingwu akan terus berkembang, karena kami sekarang sedang mengembangkan model yang dapat memproses pembicaraan yang menggunakan bahasa campuran. Kami juga akan mengeksplorasi opsi bahasa tambahan untuk mempersiapkan Tingwu agar dapat digunakan di perusahaan multinasional dan juga di pasar luar negeri,” tambah Yan.

Dengan suksesnya Wuying cloud computer untuk korporasi yang diperkenalkan tahun lalu, kini Alibaba Cloud telah memperbaharui fungsionalitasnya dengan solusi all-in-one PC dan Cloud Workplace satu atap, guna mendukung penggunanya bekerja dari mana saja.

“Cloud computer kami yang telah diperbaharui ini, adalah “sebuah kantor di dalam cloud” yang menawarkan pilihan bekerja jarak jauh bagi korporasi dan individu, dan pada saat yang sama juga menyediakan sebuah lingkungan yang aman untuk akses jaringan dan penyimpanan. Sebagaimana remote office telah menjadi suatu hal yang umum di seluruh dunia saat ini, kami tetap berkomitmen untuk melakukan inovasi produk dan layanan, yang dapat menghadirkan manfaat komputasi awan bagi semua orang,” kata Senior Researcher and General Manager of Infrastructure Products, Alibaba Cloud Intelligence Jiangwei Jiang.

Paket Semangat Kemerdekaan
Komputer yang telah diperbaharui dengan menggunakan cloud ini, dapat memberikan penggunanya akses ke berbagai sumber perusahaan terlepas mereka berada di rumah ataupun di kantor. Akses ini terdapat di “Cloud Workplace”, sebuah solusi terintegrasi yang meliputi keamanan, jaringan, dan alat penyimpanan untuk membangun “sebuah kantor di dalam cloud” dengan cara yang aman dan cepat.

Solusi tersebut secara langsung mengatasi tantangan keamanan data yang banyak dihadapi oleh departemen TI ketika mereka mengadopsi pengaturan kerja yang fleksibel. Memanfaatkan kemampuan keamanan data berbasis cloud seperti firewall, enkripsi end-to-end serta pencadangan dan pemulihan cloud, solusi ini menyimpan informasi di cloud, bukan di perangkat, sehingga meningkatkan keamanan informasi perusahaan baik di rumah maupun di kantor.

Didukung oleh “Cloud Workplace”, produk Wuying saat ini  terdiri dari all-in-one PC terbaru, kartu dan box terminal yang sebelumnya telah diluncurkan, serta aplikasi Desktop-as-a Service (DaaS), yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan cloud computer dari berbagai perangkat terlepas dari operasi sistem yang digunakan. Hal ini memberikan korporasi sebuah fleksibilitas untuk menggunakan sumber yang sudah tersedia dan juga skalabilitas untuk mendukung perluasan bisnis, memberikan keleluasaan bagi mereka untuk menyesuaikan infrastruktur TI dengan yang mereka butuhkan.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year