Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

GSMA bentuk komunitas 5G Asia Pasifik

08:40:36 | 22 Okt 2021
GSMA bentuk komunitas 5G Asia Pasifik
Angkasa Pura 2
SINGAPURA (IndoTelko) - GSMA mengumumkan pembentukan Komunitas Industri 5G Asia Pasifik (APAC) di Mobile 360 Asia Pasifik, ekosistem baru yang didirikan bagi mereka yang mencari peluang untuk menghadirkan Industri 4.0 dan transformasi digital dari jaringan 5G, layanan edge- cloud, perusahaan IoT (Internet of Things) (konsep di mana koneksi internet diperluas ke perangkat fisik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari), dan AI (kecerdasan buatan).

Komunitas telah dirancang untuk pemangku kepentingan di seluruh rantai nilai termasuk pemerintah dan lembaga-lembaga, asosiasi industri, penyedia jaringan seluler, perusahaan dan pemain industri, penyedia solusi, analis, dan konsultan.

Komunitas Industri 5G APAC terdiri dari 12 anggota yang Berkontribusi, serta komunitas pasar berkembang IoT dan 5G yang ada, yang memiliki lebih dari 500 anggota yang berada di lebih dari 30 negara. Anggota Komunitas Industri 5G APAC yaitu termasuk AIS, Axiata, DEPA, DHL, Globe, Huawei, Kominfo, Maxis, MDEC, Schneider Electric, Telkomsel dan, Viettel.
Imperatif 5G

Pandemi COVID-19 telah mempercepat transformasi digital dan lebih banyak bisnis-bisnis yang kini maju dengan teknologi baru, dengan fokus khusus pada 5G. GSMA memperkirakan bahwa 5G akan berkontribusi sebesar $5 triliun terhadap ekonomi global pada tahun 20251, karena negara-negara semakin mendapat manfaat dari peningkatan produktivitas dan efisiensi yang disebabkan oleh peningkatan penggunaan layanan seluler.

5G akan menguntungkan semua sektor ekonomi selama periode ini, dengan layanan dan manufaktur melihat dampak paling besar.

“Selama pandemi COVID-19, ekosistem seluler bertindak sebagai penyelamat bagi orang- orang, bisnis, dan masyarakat. Industri ini menunjukkan ketahanannya, dan sekarang kita harus terus mendorong batas-batas kemungkinan. Tujuan Komunitas Industri 5G APAC adalah untuk membuka kekuatan konektivitas 5G sehingga orang-orang, industri, dan masyarakat dapat berkembang. GSMA berkomitmen untuk memainkan peran utama dalam mendukung dan memperkuat pekerjaan penting yang dilakukan industri kami saat ini. Kami sangat senang mengumumkan pembentukan Komunitas Industri 5G APAC sebagai platform kolaborasi untuk mendukung inovasi, aplikasi, dan peluang bisnis industri 5G,” kata Kepala GSMA Asia Pasifik, Julian Gorman.

Paket Semangat Kemerdekaan
CEO MDEC (Malaysia Digital Economy Corporation), Mahadhir. Aziz mengatakan 5G akan memungkinkan transformasi digital substantif ekonomi kita, dan tujuan dari inisiatif Komunitas Industri 5G APAC selaras dengan MDEC. “Kami menantikan kolaborasi yang efektif dengan pemangku kepentingan publik dan swasta, sejalan dengan visi kami untuk memimpin ekonomi digital progresif dan mendukung MyDigital, Malaysia Digital Economy Blueprint,” katanya.

Presiden Carrier Business Group, Huawei Asia Pacific Region Dennis Xiao mengatakan Huawei telah mengerjakan transformasi digital untuk mendukung industri untuk jalur layanan terhubung 5G yang layak dalam beberapa tahun terakhir. “Saat ini, kami memiliki kunci emas untuk membuka gerbang pasar triliunan USD (Dolar Amerika) ini bagi semua industri yang potensial untuk mengeksplorasi teknologi yang lebih konvergen dan solusi mitra bisnis dengan platform aliansi ekosistem yang gesit dan terbuka dari yayasan Komunitas Industri 5G APAC (APAC 5G Industry Community Foundation) ini. Kami antusias untuk menjadi salah satu kontributor utama Komunitas, dan berharap dapat melibatkan lebih banyak mitra bisnis dan organisasi di kawasan APAC,” katanya.

Komunitas Industri 5G APAC akan berupaya membangun wadah bagi siapapun yang tertarik dengan 5G dan manfaatnya bagi industri dan perusahaan, untuk terhubung dengan rekan kerja dan berbagi pengetahuan yang dimiliki untuk membangun ekosistem seluler generasi berikutnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year