telkomsel halo

IBM miliki chip percepat prosesor AI

09:34:05 | 24 Aug 2021
IBM miliki chip percepat prosesor AI
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – IBM meluncurkan detail Prosesor IBM Telum baru, yang dirancang untuk menghadirkan kesimpulan pembelajaran mendalam pada beban kerja korporasi guna membantu mengatasi penipuan secara real-time. 

Telum adalah prosesor pertama IBM yang berisi akselerasi didalam chip untuk inferensi AI saat transaksi berlangsung. Dengan masa pengembangan selama tiga tahun, percepatan terobosan hardware on-chip baru ini dirancang untuk membantu pelanggan mencapai wawasan bisnis dalam skala besar di sektor perbankan, keuangan, perdagangan, aplikasi asuransi, dan interaksi pelanggan. Sistem berbasis Telum direncanakan untuk diluncurkan pada separth pertama tahun 2022.

Menurut penelitian Morning Consult baru-baru ini yang ditugaskan oleh IBM, 90% responden mengatakan bahwa kemampuan untuk membangun dan menjalankan proyek AI di mana pun data mereka berada adalah hal yang sangat penting Morning Consult – Global AI Adoption Index 2021. 

IBM Telum dirancang untuk memungkinkan aplikasi berjalan secara efisien di lokasi data berada, sehingga dapat membantu mengatasi masalah pendekatan AI korporasi tradisional yang cenderung membutuhkan memori berukuran besar dan kemampuan pergerakan data untuk menangani inferensi. Dengan Telum, akselerator akan berada di dekat misi dan aplikasi data kritis yang berarti bahwa korporasi dapat melakukan inferensi volume tinggi untuk transaksi sensitif real-time tanpa mengganggu solusi platform AI, yang dapat memengaruhi kinerja. Klien juga dapat membangun dan melatih model AI di luar platform, menyebarkan, dan menyimpulkan pada sistem IBM yang mendukung Telum untuk melakukan analisis.

Saat ini, bisnis umumnya menerapkan teknik deteksi untuk menangkap penipuan setelah terjadi, sebuah proses yang dapat memakan waktu dan komputasi yang intensif karena keterbatasan teknologi saat ini, terutama ketika analisis dan deteksi penipuan dilakukan jauh dari misi kritis transaksi dan data. Dikarenakan persyaratan latensi, deteksi penipuan yang rumit sering kali tidak dapat diselesaikan secara real-time – artinya pelaku kejahatan bisa saja berhasil membeli barang dengan kartu kredit curian sebelum peritel mengetahui bahwa penipuan telah terjadi.

Telum dapat membantu klien untuk mengubah pemikiran mereka dari bentuk deteksi penipuan menjadi bentuk pencegahan penipuan, sebuah evolusi dari cara lama yaitu menangkap banyak kasus penipuan, ke era baru dengan potensi kemampuan mencegah penipuan dalam skala besar, tanpa memengaruhi perjanjian tingkat layanan (SLA), sebelum transaksi diselesaikan.

Chip baru ini menampilkan desain terpusat yang inovatif, yang memungkinkan klien untuk memanfaatkan kekuatan penuh dari prosesor AI untuk beban kerja spesifik AI, sehingga menjadikannya ideal untuk beban kerja layanan keuangan seperti deteksi penipuan, pemrosesan pinjaman, kliring dan penyelesaian perdagangan, antipencucian uang dan analisis risiko. Dengan inovasi baru ini, klien akan memiliki posisi untuk meningkatkan deteksi penipuan berbasis aturan yang sudah ada atau menggunakan pembelajaran mesin, mempercepat proses persetujuan kredit, meningkatkan layanan pelanggan dan profitabilitas, mengidentifikasi perdagangan atau transaksi yang mungkin gagal, dan mengusulkan solusi untuk menciptakan proses penyelesaian yang lebih efisien.

Telum mengikuti warisan lama IBM dalam desain dan rekayasa inovatif yang mencakup ko-kreasi serta integrasi perangkat keras dan perangkat lunak yang mencakup silikon, sistem, firmware, sistem operasi, serta kerangka kerja perangkat lunak terkemuka.

Chip ini berisi 8 inti prosesor dengan saluran instruksi out-of-order super-skalar mendalam, yang berjalan dengan frekuensi clock lebih dari 5 GHz, dan dioptimalkan untuk tuntutan beban kerja kelas korporasi yang heterogen. Cache dan infrastruktur interkoneksi chip yang secara menyeluruh didesain ulang memberikan cache 32 MB per inti, dan dapat menskalakan hingga 32 chip Telum. Desain modul dual-chip berisi 22 miliar transistor dan 19 mil kabel pada 17 lapisan logam.
Terdepan dalam semikonduktor

Telum adalah chip IBM pertama dengan teknologi yang dibuat oleh IBM Research AI Hardware Center. Selain itu, Samsung juga menjadi mitra pengembangan teknologi IBM untuk prosesor Telum ini, yang dikembangkan di node teknologi EUV 7 nm.

Telum adalah contoh lain dari kepemimpinan IBM dalam teknologi perangkat keras. Di antara berbagai organisasi penelitian industri terbesar di dunia, IBM Research baru-baru ini mengumumkan penskalaan ke node 2 nm, yang merupakan benchmark terbaru dalam warisan kontribusi IBM untuk inovasi silikon dan semikonduktor.

Di Albany, NY, rumah bagi IBM AI Hardware Center dan Albany Nanotech Complex, IBM Research telah menciptakan ekosistem kolaboratif terkemuka bersama pemain industri publik-swasta untuk mendorong kemajuan dalam penelitian semikonduktor, yang membantu memenuhi permintaan manufaktur global dan mempercepat pertumbuhan industri chip.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year