telkomsel halo

Songsong 5G, Aspimtel siap tingkatkan kualitas menara telekomunikasi

11:30:04 | 19 Jul 2021
Songsong 5G, Aspimtel siap tingkatkan kualitas menara telekomunikasi
JAKARTA (IndoTelko) - Asosiasi Pengembang Infrastruktur dan Menara Telekomunikasi (Aspimtel) siap meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan menara telekomunikasi sebagai landasan ekonomi digital nasional.

Dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar Kamis (15/7), peningkatan kualitas infrastruktur jaringan menara telekomunikasi menjadi salah satu visi dan misi Aspimtel untuk ikut menumbuhkembangkan pencapaian era digital dan 5G. Munas tersebut juga melantik Gusandi Sjamsudin yang terpilih menjadi Ketua Umum Aspimtel periode 2021-2024.

Menurut Gusandi, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan ekonomi digital dilihat dari jumlah penggunaan layanan data yang terus berkembang pesat. Keberadaan menara telekomunikasi sama pentingnya dalam membangun konektivitas bagi ekonomi digital seperti jalan tol, gardu listrik, atau infrastruktur vital lainnya terlebih dalam menghadapi era 5G.

Untuk mendukung adanya percepatan implementasi 5G di Indonesia, selain kesiapan spektrum, operator seluler dan device, menara telekomunikasi menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari ekosistem 5G tersebut. “Keberadaan menara telekomunikasi menjadi salah satu milestone penting dalam hal adopsi teknologi 5G dan mendorong adanya peningkatan kualitas, produktivitas dan automasi, serta menyukseskan inisiatif pemerintah Making Indonesia 4.0," kata Gusandi dalam keterangan, kemarin.

Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital besar yang diperhitungkan di pasar global, pemerintah sangat perlu melakukan penyesuaian terhadap kebijakan pembangunan infrastruktur nasional. Tidak hanya pembangunan infrastruktur darat dan laut, namun infrastruktur pendukung aktivitas ekonomi digital juga perlu dukungan dari pemerintah.

Sebab, semakin berkembang dan meningkatnya aktifitas ekonomi yang berbasis digital akan berdampak pada peningkatan penggunaan trafik data sehingga membutuhkan kapasitas data yang lebih besar lagi. Kehadiran menara telekomunikasi tanpa disadari telah berjasa dalam memenuhi kebutuhan layanan data selular dan menjamin adanya konektivitas sebagai unsur utama dalam kegiatan ekonomi digital.

Menara telekomunikasi menjadi syarat utama agar sinyal yang dipancarkan perangkat base transceiver station (BTS) dapat menjangkau masyarakat seluas-luasnya. Saat ini ada dua bentuk infrastruktur pendukung aktivitas ekonomi digital yang telah dirasakan oleh masyarakat.

Bentuk yang pertama adalah ekonomi digital yang berbasis konektivitas teknologi selular (mobile) yang dimanfaatkan oleh para pelaku mobile e-commerce karena jangkauan sinyal layanan jaringan yang lebih luas yang terpancar melalui menara-menara telekomunikasi. Bentuk yang kedua adalah yang berbasis konektivitas internet statis seperti wifi, broadband internet, dan sebagainya.

Menurut Gusandi, dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan infrastruktur menara telekomunikasi sangat diharapkan. Mulai dari segi regulasi yang disederhanakan hingga sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya kehadiran menara telekomunikasi untuk mendukung tumbuhnya industri ekonomi digital yang efisien dan merata di seluruh wilayah Indonesia.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year