telkomsel halo

Grab buka akses digital bagi UMKM perikanan

08:44:03 | 24 Aug 2020
Grab buka akses digital bagi UMKM perikanan
JAKARTA (IndoTelko) – Grab bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mendukung Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Melalui kemitraan ini, Grab akan menyediakan platform digital bagi UMKM yang menjual produk kelautan dan perikanan. Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab dan KKP ingin mendukung UMKM terutama UMKM binaan KKP selama masa pandemi.

Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) telah ditandatangani oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Grab Indonesia dimana Grab akan menyediakan platform digital (khususnya GrabMart dan GrabExpress) untuk mendorong peningkatan penjualan produk kelautan dan perikanan dari UMKM binaan KKP. Saat ini, kolaborasi Grab dengan KKP sudah menjangkau wilayah DKI Jakarta dan terus membuka peluang untuk diperluas ke wilayah lainnya.

“Saya mengapresiasi kontribusi yang diberikan Grab Indonesia dalam membantu pemerintah meningkatkan penjualan produk UMKM melalui percepatan digital. Seperti yang kita ketahui, pandemi ini sangat berdampak kepada sektor tersebut, dan go digital adalah salah satu kunci yang bisa membuat para pelaku usaha di Indonesia tetap bisa bertahan dan berkembang. Tapi masih banyak pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan yang belum memanfaatkan platform digital. Oleh karena itu, kami meluncurkan gerakan Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Dengan adanya kontribusi dari pihak swasta seperti Grab untuk menyediakan platform kepada para pelaku usaha ini, kami harap mereka bisa bertahan bahkan menjadikan hal ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis mereka,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi berkomitmen untuk mendukung upaya yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memastikan para UMKM binaan KKP khususnya yang memasarkan produk kelautan dan perikanan untuk memiliki akses digital agar mereka bisa terus bertahan di masa yang sulit ini.

"Produk kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia dan Grab akan menyediakan platform kepada para UMKM untuk tetap berjualan sekaligus memastikan masyarakat Indonesia tetap mendapatkan akses untuk produk kelautan dan perikanan di rumah mereka masing-masing,” katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year