Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Tip Internet Tetap Stabil saat WFH

09:00:00 | 09 Jun 2020
Tip Internet Tetap Stabil saat WFH
Internet kala WFH (ilustrasi)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Internet telah menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Ditambah lagi, saat ini Masyarakat Indonesia sedang menerapkan physical distancing untuk mencegah penyebaran pandemi virus Corona.

Dalam situasi tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang melaksanakan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dengan mengandalkan akses internet broadband di rumah. Tak hanya itu, kini masyarakat pun banyak mengakses hiburan secara online di rumah seperti streaming film di berbagai platform digital.

Penggunaan akses internet secara bersamaan dapat menyebabkan trafik terus melonjak yang dapat membuat koneksi internet di rumah menjadi tidak stabil. Kecepatan yang tidak stabil bisa membuat aktivitas terhambat apalagi di saat harus belajar atau bekerja menggunakan internet.

Simak tips berikut agar internet rumahmu tetap stabil saat menjalankan WFH!

1. Utamakan Penggunaan Internet yang Lebih Penting

Sebagai pengguna internet, kita harus dapat memilah penggunaan koneksi internet dari yang lebih penting terlebih dahulu. Misalnya saat melaksanakan kegiatan WFH, akses internet diperlukan untuk rapat bersama rekan kerja melalui video conference, maka perlu dihindari akses internet yang tidak penting seperti mengunduh game dengan ukuran yang besar karena hal tersebut dapat memfokuskan bandwith kepada kegiatan unduh file yang lebih besar terlebih dahulu.

2. Hindari Terlalu Banyak Pengguna atau Device yang Terkoneksi

Internet di rumah bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki akses dan berada di dalam jangkauan router. Makin banyak pengguna, tentu saja berpengaruh terhadap kecepatan akses internet di rumah. Oleh karena itu, kita bisa memasang atau mengganti password secara berkala untuk membatasi akses pengguna lain yang tidak kita inginkan. Serta, jangan lupa untuk disconnect internet pada perangkat atau device yang tidak sedang dipakai, ya!

3. Stop Gunakan Internet Berlebihan

Tanpa kita sadari, aktivitas penggunaan internet untuk hiburan secara online saja dapat menduduki bandwith internet yang besar sehingga dapat membuat koneksi internet tidak stabil. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur penggunaan internet di rumah dengan baik serta luangkan waktumu untuk kegiatan bersama keluarga dan berolahraga saat WFH agar tubuh tetap sehat.

4. Cek Kondisi Seluruh Perangkat dengan Baik

Terkadang, penyebab internet tidak stabil adalah terjadinya overheat pada modemyang disebabkan oleh beban yang berlebih serta terus menyala. Kita perlumelakukan restart pada modem dan mematikan modem apabila sedang tidak dipakai untuk menghindari panas yang berlebih. Jangan lupa pastikan seluruh perangkat beroperasi dengan baik, seperti lampu LED modem berwarna hijau dan port kabel LAN tertancap dengan baik untuk mendapatkan internet yang stabil.

Paket Phoenix
5. Pahami Kebijakan Fair Usage Policy (FUP)

Kebijakan Fair Usage Policy (FUP) telah berlaku di berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Malaysia dan termasuk Indonesia. Kebijakan FUP dibuat untuk melindungi seluruh masyarakat yang mengakses internet dengan wajar atau normal user dari pemanfaatan pemakaian internet yang berlebih oleh pengguna berat atau heavy user. Biasanya, Heavy User menyalahgunakan fasilitas unlimited internet untuk bisnis warnet atau untuk bisnis film illegal sehingga pemakaian akses internet menjadi tidak wajar dan dapat mengganggu pengguna lain.

Kegiatan WFH memang mungkin membosankan bagi kita. Namun, sebagai pengguna internet broadband bersama keluarga di rumah, kita juga harus bijak memilah dan memahami penggunaan internet sesuai dengan kebutuhan agar konektivitas dapat terus stabil. Yuk, gunakan internet dengan baik dan tetap di rumah aja! (adv)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan