Paket rumah ceria
Paket rumah ceria
NeuAPIX
telkomsel halo

Vietnam salip Indonesia di 5G

07:52:25 | 15 Jan 2020
Vietnam salip Indonesia di 5G
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Vietnam membuat kejutan di kawasan Asia Tenggara dengan berani mengambil langkah maju untuk implementasi 5G.

Dilansir Reuters, Rabu, (15/1), Vietnam dikabarkan akan mengkomersialkan 5G tahun ini. Hal ini diungkap dalam situs resmi Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam.

“Vietnam telah mengambil langkah-langkah menuju komersialisasi 5G, yang dijadwalkan pada 2020. Kemenkominfo Vietnam telah memberikan lisensi kepada Viettel, Vinaphone dan MobiFone untuk mencoba teknologi 5G di beberapa kota besar,” tulis laman tersebut.

Kementerian informasi dan komunikasi di negara itu mengklaim jika dalam uji coba 5G yang dilakukan beberapa waktu lalu itu telah menunjukkan hasil positif. Kapasitas 5G yang sebenarnya, sama dengan 80%-90% kecepatan teoretis dengan menggunakan dua pita frekuensi, baik mmWave maupun C-Band.

Mereka juga menegaskan bahwa beberapa perusahaan di Vietnam telah merencanakan untuk memproduksi chip yang akan digunakan sebagai inti jaringan 5G dan perangkat IoT. Selain itu, mereka juga sedang mengembangkan smartphone dan perangkat berbasis 5G.

Hal ini terbukti dengan adanya perjanjian kerja sama antara Vingroup JSC dan Qualcomm dan sebuah anak usaha Fujitsu Jepang pada Juni tahun lalu. Mereka bekerja sama untuk memproduksi smartphone 5G di negara itu.

Paket rumah ceria
Kementerian menyebutkan jika 2019 merupakan tahun yang cukup rumit bagi Vietnam. Mulai dari persiapan 5G, rencana mobile number portability, dan ‘bersih-bersih’ kartu simcard prabayar, merupakan beberapa hal di dunia telekomunikasi Vietnam yang cukup mewarnai tahun ini.

Industri telekomunikasi di Vietnam diklaim kementerian masih tumbuh kuat meskipun diakui layanan tradisional seperti voice dan SMS mulai jenuh. Pendapatan sektor telekomunikasi di negara itu mencapai lebih dari Rp277 triliun. Angka ini meningkat 19% dibanding tahun lalu.

NeuAPIX
Pertumbuhan yang kuat di sektor telekomunikasi ini pun membuat Vietnam menduduki posisi 10 peringkat internasional dalam Global Competitive Index (GCI).(sr)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
BEI suspensi saham TiPhone