telkomsel halo

Kominfo susun tata kelola komunikasi publik

08:46:02 | 28 Okt 2019
Kominfo susun tata kelola komunikasi publik
ilustrasi
PANGKAL PINANG (IndoTelko) - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyusun Grand Design Tata Kelola Komunikasi Publik tahun 2020-2024 yang akan dituangkan dalam peraturan presiden.

Komunikasi publik merupakan salah satu fungsi manajemen pemerintah, yang memungkinkan aliran informasi dan gagasan antara lembaga pemerintah dengan publiknya, baik internal maupun eksternal.

Fungsi tersebut mampu memfasilitasi partisipasi, pemberian layanan, pengambilan keputusan tepat, dan membangun akuntabilitas serta kepercayaan warga negara terhadap pemerintah. Pada era digital saat ini komunikasi publik nasional menghadapi berbagai tantangan baru.

Peneliti Utama Badan Litbang SDM, Gati Gayatri serta Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik menyampaikan, dalam grand design tersebut terdapat road map sebagai acuan secara periodik 5 tahunan.

"Regulasi ini akan menjadi pedoman strategis yang terstandar secara nasional bagi jajaran Kominfo dipusat dan daerah dengan tujuan kemanfaatan persatuan kesatuan bangsa NKRI," jelas Gati seperti dikutip dari laman Kominfo.go.id (27/10).

Menurutnya, landasan asumsi dan cara pandang paradigma komunikasi publik saat ini perlu segera diubah dan disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan-perubahan yang terjadi, agar tujuan komunikasi publik yang dikehendaki tercapai.(wn) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year