Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Kalbe Farma bangun platform transportasi digital

11:24:53 | 13 Okt 2019
Kalbe Farma bangun platform transportasi digital
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu entitas anak usahanya, PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval), meluncurkan platform transportasi digital yang berfokus pada produk-produk kesehatan.

Platform transportasi digital yang diberi nama MOSTRANS ini menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan (healthcare supply chain eco-system) antara perusahaan transportasi dengan pemilik barang. MOSTRANS akan mengintegrasikan layanan dari offline ke online antara perusahaan transportasi dan pemilik barang yang memiliki kebutuhan jasa pengiriman untuk produk kesehatan.

“Sesuai dengan misi Kalbe yakni meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik, Kalbe terus berinovasi dalam mengembangkan produk dan layanan berkualitas kepada masyarakat, salah satunya dalam mengembangkan sistem teknologi informasi,” ujar President Director Kalbe Farma Vidjongtius dalam keterangan belum lama ini.

Dijelaskannya, Enseval sebagai salah satu anak usaha Kalbe yang fokus dalam pelayanan distribusi dan logistik, memiliki jaringan distribusi yang terluas di Indonesia untuk produk kesehatan, untuk itu Enseval terus mengembangkan diri membentuk ekosistem rantai pasok digital (supply chain digital eco-system) yang mengintegrasikan setiap pemangku kepentingan untuk menjamin tersedianya produk-produk kesehatan yang berkualitas.a

“Enseval sebagai perusahaan jasa distribusi dan logistik yang terintegrasi di bidang kesehatan terus mengembangkan layanan yang prima, sumber daya manusia yang kompeten, dan inovasi dalam bidang teknologi sesuai dengan perkembangan teknologi digital 4.0,” ujar President Director Enseval Putera Megatrading Djonny Hartono.

MOSTRANS memberikan manfaat bagi pemangku kepentingan dalam bisnis transportasi antara lain, bagi pemilik barang (shipper), MOSTRANS akan memudahkan pemesanan truk secara mudah dan cepat, shipper juga dapat memonitor pengiriman secara visual dan realtime, pengiriman sesuai standard produk kesehatan, barang dapat dikirimkan secara konsolidasi sistem; bagi perusahaan transportasi (transporter), MOSTRANS ini dapat memonitor truk secara visual dan real time, utilisasi dan produktivitas truk lebih optimal, dan berpeluang mendapatkan pelanggan baru; sedangkan dari sisi pengemudi (driver), MOSTRANS bisa memonitor aktivitas pengemudi yang terjadwal dalam aplikasi, dan mempermudah pengemudi untuk memilih prioritas pengiriman berdasarkan sistem.

“Sejauh ini belum ada digital transportation platform yang fokus pada produk-produk kesehatan sehingga kami adalah digital transportation platform yang pertama di Indonesia“ kata Managing Director, Enseval Putra Megatrading Patrick Atmadjaja.

Ditambahkannya, perseroan akan terus mengembangkan MOSTRANS dengan menerapkan strategic partnership dengan berkolaborasi bersama mitra yaitu perusahaan transportasi dan pemilik barang terutama produk kesehatan dan kedepannya akan menjadikan MOSTRANS sebagai platform terbuka.

Telkom Marketing 2
MOSTRANS memberikan beberapa solusi bagi perusahaan transportasi dan pemilik barang, antara lain Software as a Service (SaaS), Marketplace dan Supply Chain Financing. Dengan Software as a Service (SaaS), MOSTRANS membantu mitranya dalam bertransformasi digital agar tetap relevan dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0.

Sedangkan Marketplace MOSTRANS memiliki keunggulan salah satu nya yaitu konsolidasi pengiriman dari beberapa pemilik barang agar mendapatkan biaya pengiriman yang lebih kompetitif dan waktu pengiriman yang lebih cepat. Disamping itu melalui Supply Chain Financing, MOSTRANS membantu memberikan solusi bagi mitra perusahaan transportasi yaitu dengan menyediakan fasilitas pembiayaan modal kerja.

Saat ini MOSTRANS sudah bekerja sama dengan 25 pengusaha transportasi darat dengan lebih dari 3.000 truk, ke depannya MOSTRANS juga akan menambah layanan untuk pengiriman moda laut dan udara.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma