Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

Krowrier adopsi pola crowdsourcing untuk jasa pengiriman

06:58:22 | 20 Sep 2019
Krowrier adopsi pola crowdsourcing untuk jasa pengiriman
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Krowrier Logistik Indonesia meluncurkan layanan dalam bentuk aplikasi bernama Krowrier sebagai penyedia solusi jasa pengiriman.

Aplikasi ini melayani pengiriman hari yang sama (same day) dengan harga flat Rp19 ribu untuk pengiriman paket di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang (Jabodetabek).

Hal yang membedakan Krowrier dengan layanan sejenis adalah mitra Krowrier yang diberdayakan adalah masyarakat yang menggunakan transportasi publik seperti KRL, MRT, TransJakarta dan LRT.

Data dari situs PT Kereta Commuter Indonesia, hingga bulan Juni 2018, rata- rata jumlah pengguna KRL per hari mencapai 1.001.438 pengguna pada hari kerja, dengan rekor jumlah pengguna terbanyak yang dilayani dalam satu hari adalah 1.154.080.

Angka tersebut sangatlah tinggi dan memiliki potensi yang sangat besar dalam pertumbuhan terutama bidang logistik. Peran serta masyarakat bisa dilibatkan untuk melahirkan sebuah solusi jasa pengiriman (delivery service) yang ramah lingkungan dan juga memaksimalkan masyarakat (crowd) yang senantiasa berpindah menggunakan transportasi publik.

“Dengan metode crowdsourcing yang menggunakan layanan transportasi publik ini, Krowrier ingin menciptakan suatu terobosan di bidang logistik yang ramah lingkungan sekaligus menambah value bagi para pengguna transportasi publik, khususnya pengguna KRL untuk saat ini. Masyarakat yang mobilitasnya menggunakan KRL dapat bergabung menjadi partner kami dan mendapatkan komisi untuk setiap pengiriman paket yang dilakukan. Komisi tersebut berupa saldo yang bisa dicairkan kapan saja,” kata Co-Founder Krowrier Davyn Sudirdjo dalam keterangan kemarin.

Menurutnya, metode crowdsourcing ini juga memberikan peluang untuk siapapun memiliki penghasilan tambahan. Dalam proses pengiriman paket, aplikasi ini melibatkan masyarakat untuk terlibat sebagai feeder, drop point dan courier. Masing-masing memiliki kontribusi dan mendapatkan rewards tersendiri.

Saat ini Krowrier sudah bisa diunduh di sistem operasi Android. Untuk sistem operasi IOS mulai bisa dioperasikan dalam waktu satu bulan ke depan.

Krowrier sudah dioperasikan per Mei 2019. Saat ini baru beroperasi untuk rute Depok-Manggarai.

telkom sigma
"Ke depannya, kami akan memperluas area layanan hingga seluruh rute KRL/Commuter Line Jabodetabek. Kami menargetkan semua rute KRL, MRT, TransJakarta, Railink dan LRT sudah tersedia layanan Krowrier pada kuartal IV. Selanjutnya, di tahun 2020 kami akan masuk rute kereta antarprovinsi dan bus antarprovinsi. Duplikasi di semua kawasan Asia menjadi target kami di tahun 2021,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) Krowrier, Said Romadlon.(wn)

Telkom Smart City Nusantara
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
Telkom Smart City Nusantara
indihome IDN HUT Telkom 54