Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Reta tawarkan audit pasar berbasis EPA

09:41:04 | 10 Jul 2019
Reta tawarkan audit pasar berbasis EPA
Manajemen Reta Consulting Indonesia
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Reta Consulting Indonesia (Reta) menawarkan jasa konsultasi dan audit pasar di bidang ritel dengan pendekatan Psikologi Manusia atau disebut Economic Psychology Approach (EPA) yang didukung teknologi kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI).  

Presiden Direktur Reta, Joedi Wisoeda mengatakan, layanan yang diberikan perusahaannya memberikan strategi eksekusi yang akurat dan relevan untuk berbagai macam tantangan bisnis dengan berbasiskan metodologi EPA.

“Tim kami didukung oleh profesional yang berpengalaman di berbagai macam industri  serta teknologi yang memungkinkan klien untuk melihat kondisi pasar secara real-time,” jelas Joedi kemarin.

Joedi mengungkapkan beberapa perusahaan ternama di Tanah Air pernah memanfaatkan solusi Reta diantaranya Samsung, Indosat, XL, dan Wardah. Beberapa data yang umum dipakai untuk industri tersebut sudah tersedia di website Reta dan dapat diaplikasikan secara langsung. Selain itu Reta juga melayani data secara custom yang diminta oleh pelaku industri.

Salah satu ahli di Reta, Rahmat Hidayat menambahkan, kelebihan dari metodologi EPA adalah membantu klien dalam menciptakan keakuratan keputusan bisnis. EPA dapat mengidentifikasi secara akurat sumber permasalahan (What factor) dan kenapa masalah tersebut bisa terjadi (Why factor). Hal ini dapat dilakukan karena EPA meneliti motif ekonomi serta psikologi dari pelaku bisnis tersebut.

Reta memiliki 4 layanan berbasiskan EPA yaitu Reta Consulting, Reta Research, Reta Marketplace dan Reta Learning.  

Reta Consulting adalah layanan yang diberikan berupa konsultasi strategi bisnis berbasis pasar yang didasarkan pada penelitian EPA dan analitik data untuk meningkatkan dan menumbuhkan bisnis klien.

Reta Research, Layanan yang diberikan berupa analisis mendalam dan pemahaman yang lebih baik tentang hasil riset pasar berdasarkan analitik EPA. Reta Marketplace, Layanan yang diberikan berupa data ekonomi dan psikologis terkini berdasarkan kategori (konsumen, ritel, B2B) dan sub kategori untuk semua industri secara nasional. Dan Reta Leaning, Layanan yang diberikan dalam bentuk Training yang ditujukan bagi pekerja ataupun organisasi.

Metodologi EPA memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh metodologi lain yakni dapat menjawab pain point yang dirasakan pelaku industri. Menjawab apa permasalahannya dan mengapa permasalahan tersebut terjadi, sehingga sangat membantu klien dalam menciptakan keakuratan keputusan bisnis.

Di samping itu metodologi EPA memiliki sensivitas yang tinggi terhadap pasar sehingga perusahaan dapat lebih cepat melakukan tindakan terkait keadaan yang terjadi, khususnya jika keadaan berdampak kurang baik bagi perusahaan sehingga keputusan yang diambil lebih akurat.

Melalui Platform Real Time Dashboard dan Artificial Intelligent (AI), di mana dengan teknologi tersebut pelaku bisnis dapat pengecek progress data secara berkala yang masuk dengan akurat.

Monitoring system yang diberikan Reta berbentuk dashboard lengkap dengan geo-tagging, voice recording dan foto. Teknologi tersebut dibuat untuk menjawab pain point yang selama ini dirasakan banyak pelaku industri, sehingga mereka dapat memonitor situasi market secara cepat dan meresponsnya.

“Jadi EPA sangat diperlukan untuk melengkapi pemahaman pelaku bisnis terhadap pengambilan keputusan konsumen atau perilaku bisnis konsumen” tegas Joedi.

Sementara itu empat layanan berbasiskan EPA yang diluncurkan yakni Reta Consulting berupa konsultasi strategi bisnis berbasis pasar yang didasarkan pada penelitian EPA dan analitik data untuk meningkatkan dan menumbuhkan bisnis klien, dan memastikan setiap solusi taktis diimpelementasikan dengan mudah.

Reta Research berupa analisis mendalam dan pemahaman yang lebih baik tentang hasil riset pasar berdasarkan analitik EPA. Riset pasar berbasis teknologi yang memungkinkan pengumpulan data dalam waktu cepat dan akurat sehingga menghasilkan rekomendasi bisnis taktis yang bertujuan untuk peningkatan bisnis dalam kategori multi-riset.

Telkom Marketing 2
Reta Marketplace berupa data ekonomi dan psikologis terkini berdasarkan kategori (konsumen, ritel, B2B) dan sub kategori untuk semua industri secara nasional.

Terakhir Reta Learning berupa pelatihan yang ditujukan bagi pekerja atau organisasi. Tidak hanya teori, peserta juga akan diberikan kesempatan terjun langsung ke pasar untuk mengimpelementasikan teori yang didapatkannya.

Angkasa Pura 2
Selain layanan tersebut, Reta memiliki Reta Credit (uang digital) yang hanya dapat digunakan pada Website Reta Marketplace untuk membeli data ekonomi dan psikologi market.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma