telkomsel halo

Signify beri warna modern bagi jembatan di Indonesia

11:24:47 | 29 Mar 2019
Signify beri warna modern bagi jembatan di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Signify telah menggunakan sistem pencahayaan terkoneksi Interact Landmark dan luminer Color Kinetics untuk mentransformasi dua ikon jembatan di Indonesia. 

Jembatan-jembatan tersebut terletak di: Tanjungpinang, jembatan Sei Carang sepanjang 225 meter, di zona warisan budaya yang semakin populer; dan di Samarinda dengan 1,4 km Mahkota II yang merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan Timur. 

Kedua jembatan ini mewakili lebih dari sekadar infrastruktur yang menghubungkan dua tepi sungai. Keduanya sekarang menjadi daya tarik ikonis yang memberikan kota-kota tersebut identitas kuat yang meningkatkan ekonomi lokal, pariwisata dan kebanggaan warga.

“Jembatan Sei Carang sekarang hidup dengan adanya pencahayaan LED terkoneksi yang dinamis,” ujar Walikota Tanjungpinang Drs. Raja Ariza.   

Jembatan Sei Carang di Tanjungpinang, Riau, diterangi menggunakan sistem Interact Landmark Signify untuk menciptakan pencahayaan dinamis. Pemerintah setempat dapat dengan mudah mengontrol tema penyinaran untuk menarik pengunjung dan membantu meningkatkan ekonomi dan pariwisata daerah.

Bagian dari kesuksesan Signify di Indonesia datang dari membawa sistem pencahayaan LED terkoneksi dan perangkat lunak manajemen dengan luminer ke proyek arsitektural perkotaan. 

Inti dari proyek pencahayaan Signify adalah perangkat lunak manajemen asset pencahayaan Interact Landmark berbasis cloud yang mengelola baik efek pencahayaan kreatif maupun fungsionalitas teknis dari sistem tersebut. Perangkat lunak manajemen aset pencahayaan Interact Landmark digunakan untuk mengontrol dan mengelola peragaan cahaya pada kedua jembatan. 

Perangkat lunak ini menyediakan pencahayaan yang dinamis di mana setiap luminer LED Color Kinetics dapat dimonitor dan dikendalikan dari jarak jauh secara individu atau dalam kelompok untuk menciptakan pemandangan malam yang unik dan dinamis.

Sementara itu, membentang melintasi Sungai Mahakam, Jembatan Mahkota II adalah permata mahkota yang baru bagi kota Samarinda. Pemerintah setempat membangun area pandang dengan keberadaan pedagang kaki lima, di mana pengunjung dapat berkumpul dan menikmati efek pencahayaan jembatan yang penuh warna. Area ini sekarang memberikan manfaat sosial dan ekonomi. 

“Masyarakat disini sangat senang memiliki ikon jembatan kota yang baru di Samarinda. Sekarang, lampu warna-warni ini, memberikan lebih banyak alasan bagi mereka untuk keluar dan menikmati jembatan ini dengan bangga," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Samarinda Hero Mardanus Satyawan.  

Jembatan Mahkota II di Samarinda, Kalimantan Timur, kini dihiasi oleh lampu berwarna-warni, menciptakan pemandangan indah bagai mahkota di malam hari. Jembatan yang telah lama ditunggu-tunggu ini menjadi kebanggaan baru bagi penduduk kota Samarinda.

“Ini adalah contoh luar biasa, melihat cahaya digunakan untuk mengantarkan era baru desain perkotaan dan percantikan kota. Inilah yang dimaksud Signify ketika kami berbicara tentang 'makna cahaya’. Kami telah menunjukkannya dengan instalasi di seluruh Indonesia, bagaimana pencahayaan arsitektural yang dinamis menghasilkan dampak langsung dan kuat yang membentuk dan menggairahkan kembali orang-orang dan tempat-tempat yang disentuhnya," kata Country Leader Signify Indonesia Rami Hajjar.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year