telkomsel halo

Moka bidik pengusaha wanita

09:08:21 | 09 Nov 2018
Moka bidik pengusaha wanita
JAKARTA (IndoTelko) - Moka, startup penyedia layanan kasir digital, mendukung ribuan wanita wirausaha kreatif melalui acara Indonesia’s Women Forum (IWF) 2018 yang digelar oleh Femina Group bersama dengan Google Indonesia dan P&G Indonesia.  

Indonesia’s Women Forum (IWF) mengusung tema ‘Bringing the Best of Indonesian Women’ dengan visi membantu wanita Indonesia untuk maju dan berkembang.

IWF 2018 berisikan berbagai kelas workshop (masterclass) yang diadakan untuk memberikan edukasi terkini serta mengajarkan keterampilan dengan para pembicara yang berpengalaman di bidangnya.

Moka menjadi pendukung masterclass pada sesi ‘Memenangkan Bisnis di Industri Service’, dengan topik utama merubah operasional offline menjadi online dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi cloud yang efektif.

Menurut survei Google Indonesia, 47% wanita pengusaha UKM belum menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis mereka. Padahal, wirausaha yang menggunakan mengadaptasikan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya mengalami kemajuan sebanyak 80% dibandingkan dengan yang tidak mengadaptasikan teknologi.

Moka yang telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet di Indonesia mengisi seminar dengan berbagi kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan program loyalitas kepada pelanggan melalui platform digital.

Program loyalitas merupakan satu diantara berbagai jenis strategi yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha, di mana program loyalitas merupakan metode yang efektif untuk mempertahankan pelanggan melalui pemberian insentif agar mereka melakukan pembelian berulang bagi produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian dari Nielsen bahkan menyebutkan bahwa 84% konsumen cenderung lebih memilih retail yang menawarkan program loyalitas kepada pelanggannya.

Dengan memanfaatkan program loyalitas, bisnis dapat menjaga hubungan dengan pelanggan setia melalui keutamaan mengenal produk populer, pola pembelian, serta masukan dan kritik yang diberikan oleh pelanggan.

VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan mengatakan, merchant Moka yang telah mengaplikasikan program loyalitas terbukti berhasil mengalami peningkatan pendapatannya sebesar rata-rata 48,47%.

“Selain mudah karena semua sistem berbasis digital, program loyalitas juga dapat membantu bisnis dalam meningkatkan pendapatannya, dan tentunya bisa lebih dekat dengan pelanggan,” katanya dalam keterangan, kemarin.

Tiga keuntungan lain yang didapatkan dari program loyalitas adalah pertama, akan membuat 50% pelanggan dengan program loyalitas lebih condong mencoba produk baru.

Kedua, strategi mempertahankan pelanggan dengan program loyalitas terbukti memiliki lima kali lipat biaya lebih rendah untuk bisnis, dan yang ketiga, akan lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis karena pelanggan dengan program loyalitas akan berbelanja 31% lebih banyak dari pelanggan yang lain.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year