telkomsel halo

Mengintip aksi Telkom menggarap pasar internasional

12:56:00 | 16 Apr 2018
Mengintip aksi Telkom menggarap pasar internasional
CEO Telin Taiwan, Kurnia Mareza, CMO Telin, Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin, Faizal R. Djoemadi, CEO Carrier and International Business Telkom, Abdus Somad Arief, CEO Telin Hong Kong, Indarto Nata, VP Wholesale and International Voice Service Telkom, Erik Orbandi, VP Wholesale and International Network Service Telkom, Bastian Sembiring kala meresmikan neuCentrIX HK-1 di Hong Kong, Kamis (12/4).(ist)
JAKARTA (IndoTelko) – Diam-diam tetapi mematikan. Inilah istilah yang layak disematkan bagi aksi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dalam menggarap pasar internasional.

Telkom menjadikan anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) sebagai mesin pertumbuhan dari program International Expansion (Inex) sejak beberapa tahun lalu.

Jika lima tahun  lalu Telin baru beroperasi di Singapura, Hong Kong, Timor Leste, Australia, Malaysia, Amerika Serikat, dan Myanmar. Pada 2018, data terbaru mengungkapkan kepak sayap bisnis Telin makin meluas mengharumkan nama Indonesia. Telin berhasil menambah wilayah operasinya ke Macau, Taiwan, Selandia Baru, dan Arab Saudi.

Bisnis yang digeluti Telin diantaranya platform, managed network & security, data center, connectivity, dan lainnya.  

Direktur Wholesale & International Services Telkom Abdus Somad Arief kala memberikan keynote speech di ajang BATIC 2018, di Nusa Dua Bali, awal April lalu mengungkapkan Telin sayap dari Telkom untuk bermain di 19 kabel laut internasional dengan panjang hingga 163.5 ribu kilometer atau empat kali keliling khatulistiwa, memiliki 57 Point  of  Presence (PoP) di 27 negara, dan mengelola 4 data center di luar negeri  dengan merek NeutcentrIX.

Mengintip aksi Telkom menggarap pasar internasional

Abdus Somad Arief kala memeriksa data center NeutCentrIX HK-1 di Hong Kong

“Bicara pertumbuhan pendapatan Telin dari bisnis internasional sangat menjanjikan. Tahun lalu growth revenue dari bisnis global Telin itu 23%, tahun ini bisa lebih besar karena terus ekspansi,” kata Pria yang akrab disapa ASA itu.

Bangun Kapabilitas
Chief Marketing Officer Telin Budi Satria Dharma Purba menambahkan saat ini bisnis Wholesale untuk internasional mengalami perubahan dari konektifitas ke data center, managed service, dan lainnya.

“Jika dilihat pertumbuhan tahunan 2016-2022 kontribusi konekstifitas itu menurun bagi pasar wholesales. 2016 masih 41% dari total pasar, tapi 2022 menjadi 28%. Bisnis yang naik di Wholesale internasional itu data center dan platform bisa 46% kontribusinya pada 2022,”ulasnya.

Ditambahkannya, kondisi pasar global itu juga sama jika melihat pasar wholesale internasional di Indonesia. Pada 2016, kontribusi konektifitas masih 84%, tapi pada 2022 menjadi 65%.

Mengintip aksi Telkom menggarap pasar internasional

Budi Satria Dharma Purba

“Ini menjadikan Telin harus meningkatkan kapabilitas agar bisa bersaing di pasar global. Meningkatkan kapabilitas itu bisa dengan inorganic path seperti melakukan merger atau akuisisi, partnership atau kolaborasi, hingga meningkatkan layanan dan produk,” katanya.

Sementara ASA mengatakan, posisi Telin sangat strategis karena tidak hanya menggarap pasar internasional, tetapi mendatangkan potensi bisnis internasional ke Indonesia.

"Kami siap menjembatani para pemain global yang ingin menggarap potensi pasar Indonesia, sebaliknya melalui Telin kita juga siap membawa pengalaman yang ada di Indonesia ke pasar global. Saat ini ada sekitar 130 wholesaler partners-nya Telin di global market," pungkasnya.

Mengutip Info Memo Keuangan Telkom 2017, portfolio wholesale and International Business dari Telkom menghasilkan pendapatan Rp7,4 triliun tumbuh 26,8% dibandingkan 2016 sebesar Rp5,83 triliun.

Melihat kinerja dan konsistensi Telkom, dari 31 analis yang disurvei Bloomberg belum lama ini, sebanyak 23 analis merekomendasikan beli bagi saham dari operator pelat merah ini. Walau saham Telkom mengalami gejolak belakang ini, kalangan analis memproyeksikan harganya hingga akhir tahun bisa mencapai di kisaran Rp4.732 per lembar.

Mengintip aksi Telkom menggarap pasar internasional

CEO Telin Faizal R. Djoemadi di ajang BATIC 2018 di Nusa Dua Bali 

Telkom menjadi salah satu primadona bagi investor di bursa saham karena menjanjikan tingkat pengembalian ekuitas, return on equity (ROE), yang baik. ROE perusahaan sebesar 24,9% pada periode 2012; sebesar 23,7% pada periode 2013; sebesar 21,4% pada periode 2014; sebesar 20,6% pada periode 2015; dan 22,9% pada periode 2016.

Perusahaan mempunyai ROE yang cukup besar yaitu di atas 20% selama periode 2012 sampai dengan 2017  berarti bahwa perusahaan memberikan hasil yang cukup baik sekali.

Apabila nilai ROE ini dibandingkan dengan ekspektasi atas investasi berinvestasi maka investasi pada Telkom memberikan hasil yang cukup baik. Bahkan, bisa dikatakan investasi pada Telkom ini lebih tinggi dari perusahaan lain, termasuk kepada perbankan.(ad)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year