telkomsel halo

Telkom perkuat bisnis data center di Asia dengan neuCentrIX HK-1

13:11:00 | 12 Apr 2018
Telkom perkuat bisnis data center di Asia dengan neuCentrIX HK-1
Ki-Ka: CEO Telin Taiwan, Kurnia Mareza, CMO Telin, Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin, Faizal R. Djoemadi, CEO Carrier and International Business Telkom, Abdus Somad Arief, CEO Telin Hong Kong, Indarto Nata, VP Wholesale and International Voice Service Telkom, Erik Orbandi, VP Wholesale and International Network Service Telkom, Bastian Sembiring kala meresmikan neuCentrIX HK-1 di Hong Kong, Kamis (12/4).(ist)
HONG KONG (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meresmikan fasilitas data center terbarunya di Hong Kong dengan merek dagang Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) HK-1 pada Kamis (12/4).

Direktur Wholesale & International Services Telkom Abdus Somad Arief mengungkapkan neuCentrIX HK-1 menandai keberadaan neuCentrIX milik Telkom Group di 12 kota domestik dan global. Sebelumnya, neuCentrIX telah beroperasi di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Manado dan Singapura. (Baca: Data Center Telkom

"neuCentrIX adalah brand produk Data Center yang dikelola oleh Telkom Group baik di domestik oleh Telkom Sigma maupun di luar negeri oleh Telin Group," kata Pria yang akrab disapa ASA itu usai meresmikan neuCentrIX HK-1 di Hong Kong, Kamis (12/4).

Dijanjikannya, neuCentrIX menghadirkan Data Center yang terkoneksi secara seamless baik domestik maupun global.

"Content provider domestik cukup mengunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dan dapat merasakan manfaat akses global. Disamping itu juga neuCentrIX merupakan Data Center netral yang memiliki koneksi ke berbagai service dan network provider dari seluruh dunia. Jadi content provider, service provider maupun network provider semua dimudahkan," promosinya.

Telkom perkuat bisnis data center di Asia dengan neuCentrIX HK-1

Kerjasama Telin Hong Kong dengan Superloop

CEO Telin Faizal Rochmad Djoemadi menambahkan data center itu akan dikelola anak usaha, PT Telekomunikasi Indonesia International Hongkong (Telin Hong Kong). neuCentrIX HK-1 adalah data center Tier-3 dengan luas sekitar 372 meter persegi.

"Kehadiran neuCentrIX HK-1 akan memperkuat posisi Telkom Group dan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia," ulasnya.

Telkom perkuat bisnis data center di Asia dengan neuCentrIX HK-1

Kerjasama Telin Hong Kong dengan Simcentrix

Sementara  Chief Marketing Officer Telin Budi Satria Dharma Purba mengatakan, neuCentrIX HK-1 menggandeng mitra lokal Superloop dan Simcentrix. "Simcentrix itu partner kita untuk menyediakan fiber optic di Hong Kong sekaligus customer pertama kita untuk neuCentrIX HK-1. Kalau Simcentrix itu partner kita untuk kolaborasi pemasaran data center untuk pasar Tiongkok," katanya.

Asal tahu saja, saat ini Telkom Group memiliki kapasitas data center 102.2 ribu meter persegi terbagi atas domestik (52,2 ribu meter persegi) dan internasional (50 ribu meter persegi). Lokasi untuk domestik ada di 10 titik, sementara internasional ada tiga di Singapura, dan terbaru di Hong Kong.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year