PanenID permudah petani pasarkan hasil tani

10:55:57 | 28 Nov 2017
PanenID permudah petani pasarkan hasil tani
JAKARTA (IndoTelko) - Platform PanenID menawarkan kemudahan bagi petani untuk memasarkan hasil taninya langsung ke target pasar dengan mendapatkan harga yang pantas.

"PanenID merupakan sebuah platform berbasis aplikasi untuk menjual produk pertanian secara langsung ke target penggunanya, seperti hotel, restoran, dan catering (Horeca). Mengusung konsep fair trade, PanenID merombak aliran supply chain dengan cara memotong jalur distribusi. Sehingga, produk pertanian dapat dibeli dengan harga yang stabil dan adil, serta memiliki kualitas dan kuantitas yang terbaik. Platform PanenID dapat membantu petani mulai dari perencanaan panen, menentukan komoditas yang dibutuhkan pasar, serta waktu terbaik untuk panen," kata Founder & CTO PanenID Johannes Dwi Cahyo Kristanto dalam keterangan, Selasa (28/11).

Meski baru berdiri sejak awal tahun 2017, saat ini PanenID telah bekerjasama dengan 120 petani di daerah Petang dan Pancasari, Bali. Platform ini juga telah berkolaborasi dengan instansi pemerintah daerah terkait sehingga dapat membangun fitur direct trading, peta persebaran komoditas, dan fitur rantai distribusi yang efisien bagi para petani di Pulau Dewata. Selain petani, sudah ada 10 hotel besar di Indonesia yang memutuskan bergabung dengan PanenID seperti Harris Hotel, Santika Hotel, Amaris Hotel dan hotel-hotel ternama lainnya.

Saat ini PanenID dapat langsung diunduh dari Google Play Store ataupun Apple App Store. Setelah mengunduh, pengguna dapat langsung mendaftarkan diri menggunakan akun email. Pengguna dapat melihat daftar dan informasi lengkap dari semua hotel dan restoran yang telah bekerjasama dengan PanenID.

Asal tahu saja, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Terletak dalam garis strategis dengan iklim tropis, penyinaran matahari bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi sektor pertanian tanah air. Menteri Pertanian Amran Sulaiman bahkan mengatakan, hingga September 2017, ditargetkan penambahan luas tanam padi menjadi 7 juta hektare (ha).(tp)

Artikel Terkait