Aplikasi ini bikin alumni Padmanaba mudah berkomunikasi

08:29:30 | 17 Sep 2017
Aplikasi ini bikin alumni Padmanaba mudah berkomunikasi
Alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta tengah melakukan registrasi untuk aplikasi Lustrum Padmanaba.(ist)
JAKARTA (IndoTelko) - Reuni, selalu menjadi ajang yang ditunggu para alumni setelah sekian lama tidak berjumpa.

Kenangan masa bersama menghabiskan waktu seolah bermunculan hidup kembali memberikan kebahagiaan dan membangkitkan semangat kembali untuk berbagi dan bersinergi.

Jika biasanya reuni dilakukan secara berkala, langkah yang dilakukan alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta atau yang kerap dikenal dengan nama Padmanaba ini lumayan menarik.

Untuk lebih mengefektifkan keinginan saling update kabar, saling share berbagai kenangan bersama, saling bersinergi sesama alumni Padmanaba, dibangun suatu Aplikasi Lustrum Padmanaba yang dapat diunduh dengan mudah oleh seluruh alumni di appstore dan playstore.

"Tema yang kita usung dalam Lustrum kali ini adalah Padmanaba Berbakti, Berbagi dan Bersinergi, karena seluruh alumni pasti ingin memberikan kontribusi terbaik bagi almamaternya di bidang masing masing, salah satu wujudnya pembuatan Aplikasi Padmanaba ini," kata Ketua Umum Lustrum Padmanaba XV, Hendri Saparini dalam keterangannya, kemarin.

Syaifudin, alumni Padmanaba 91, mendukung penuh pembuatan Aplikasi Lustrum Padmanaba ini, "Semoga, Aplikasi Lustrum Padmanaba dapat memberikan manfaat dalam memfasilitasi ajang silaturahmi dan kolaborasi alumni Padmanaba tercinta," katanya.

Untuk meyakinkan bahwa data alumni yang diregisterkan akurat, sistem aplikasi akan melakukan verifikasi dengan pengiriman kode tertentu melalui notifikasi sms.

Aplikasi Lustrum Padmanaba, pada tahap pembangunan awal ini, fokus pada penyampaian informasi terkait Lustrum Padmanaba ke XV yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 - 19 September 2017.

Berbagai informasi acara dipublish pada Aplikasi Lustrum Padmanaba. Pada menu Kegiatan ada sekitar 15 Kegiatan mulai Nonton Bareng Sendratari Ramayana, Padmanaba Berbakti, Padmanaba Padzar Malam, Padmanaba Festival Bregada Siswamadya DIY, Padmanaba Padzar Pagi, Padmanaba Run, Pad's Golf, Padmanaba Career Day, Padmanaba Tasyakuran, Padmanaba Upacara Bendera, Padmanaba Wisata Rally, Padmanaba Musyawarah Nasional, Padmanaba Membangun, Padmanaba Lomba Meme dan Padzakestra.

Aplikasi ini bikin alumni Padmanaba mudah berkomunikasi

Pada sekian banyak kegiatan ini, alumni yang tersebar di berbagai wilayah dapat dengan mudah register pada kegiatan yang dipilih. Sistem aplikasi Lustrum Padmanaba akan mengirimkan barcode sebagai id registrasi yang nanti nya pada saat acara, petugas akan scan barcode tersebut, dalam waktu kurang dari 10 detik, sehingga data alumni yang hadir langsung tercapture di database aplikasi untuk mengikuti undian doorprize dan pengkayaan database alumni secara otomatis, registrasi digital ini dapat menggantikan proses registrasi manual yang harus mengisi buku tamu dan kemudian masih diperlukan proses entry database jika ingin mengumpulkan data alumni secara komprehensif.

Selain fitur registrasi digital tersebut, Aplikasi Padmanaba juga menyiapkan menu untuk saling sharing foto, baik foto yang didapat dengan selfie atau wefie pada saat acara berlangsung maupun foto foto kenangan masa sekolah, dan untuk menambah keseruan dapat ditambahkan comment pada caption foto, yang secara langsung dapat di upload alumni ke Galeri Foto pada Aplikasi melalui handphone yang telah diregisterkan.

Pada kegiatan sosial seperti Padmanaba Membangun, Aplikasi Lustrum Padmanaba dapat mendaftar alumni yang bersedia bergabung memberikan donasi, dengan klik bergabung, database donator akan direportkan melalui aplikasi kepada Panitya Padmanaba Membangun untuk proses lebih lanjut.

Aplikasi ini bikin alumni Padmanaba mudah berkomunikasi

Hendri Saparini (tengah) bersama Alumni Padmanaba

Pada sisi komersial, selain menayangkan branding logo sponsor kegiatan, Aplikasi Lustrum Padmanaba juga dapat menampilkan Promosi Produk yang dihasilkan oleh Alumni, seperti yang saat ini tayang pada top banner "Informasi Terbaru", tentang Promo Gitar Batik hasil produksi salah satu alumni Padmanaba.

"Hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi secara interaktif pada saat lustrum berlangsung dan di masa yang akan datang untuk terus Berbakti, Berbagi & Bersinergi," kata Hendri yang juga Komisaris Utama Telkom itu.(wn)

Artikel Terkait