telkomsel halo

XL Axiata lepas saham di elevenia

15:30:50 | 24 Aug 2017
XL Axiata lepas saham di elevenia
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) mengambil langkah drastis di bisnis eCommerce.

Anak usaha Axiata ini menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement/CSPA) untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT XL Planet yang menaungi marketplace elevenia, termasuk juga seluruh saham dari SK Planet Global Holdings Pte. Ltd. (SK Planet), kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Pilihan strategis untuk melepas kepemilikan elevenia akan menjadikan XL Axiata semakin fokus kepada kekuatan utama dan mengembangkan bisnis layanan data untuk menjadi pemimpin pasar dari penyedia layanan mobile data di Indonesia. Selain itu, keputusan ini akan mengurangi dampak kerugian yang timbul dari elevenia dan memungkinkan XL mengalokasikan modal untuk menghasilkan keuntungan bagi para pemegang sahamnya serta memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggannya.

“Keputusan ini kami ambil melalui perhitungan yang cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, Hal ini memungkinkan kami untuk lebih fokus sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi data, sedangkan dukungan terhadap industri eCommerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan,” kata President Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam keterangan resminya, Kamis (24/8).

Menurutnya, sektor eCommerce telah tumbuh sangat pesat dengan terlalu banyak pemain, kompetisi yang ketat akhirnya mendorong sektor ini ke dalam model bisnis dengan investasi besar. Pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas. (Baca: Nasib elevenia)

XL Axiata memiliki 50% saham kepemilikan di elevenia, sama dengan yang dimiliki oleh SK Planet. Kesepakatan CSPA ini berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi ini diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhinya kondisi-kondisi yang dipersyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait.

Sebelumnya, Dian mengakui ada beberapa kajian dalam mempertahankan elevenia agar tetap bisa bertarung di pasar eCommerce nasional. Salah satunya adalah mencari investor strategis. (Baca: XL ingin bertahan di eCommerce)

Di Korea Selatan sendiri beredar kabar jika SK Planet akan melepas bisnis eCommerce di luar negeri Ginseng itu, dimana salah satunya di Indonesia akan melepas saham elevenia ke Salim Grup. (Baca: XL di Elevenia)

XL bermain eCommerce dengan mendirikan Elevenia.co.id bersama SK Planet Co Ltd dari Korea Selatan.  XL dan SK Planet menyetorkan modal awal sebesar US$ 18,30 juta atau setara Rp Rp 177,6 miliar untuk membentuk perusahaan patungan tersebut. Kedua belah pihak juga mendapatkan porsi kepemilikan saham sebesar 50%.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year