Peran data center strategis di era digital

09:38:06 | 09 Apr 2017
Peran data center strategis di era digital
ilustrasi(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Di era digitalisasi peran data center dianggap kian strategis dalam mendorong transformasi dan efisiensi bisnis.

“Di era data driven era, peran data center sangat strategis. Kita butuh belajar dari best practice yang terjadi di dunia agar bisa mengoptimalkan sektor ini," Direktur Infrastruktur ICT Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Muhammad Neil El Himam kala membuka Pameran Data Center yang diselenggarakan DCD, belum lama ini, di Jakarta.

Menurutnya, jika pemerintah bisa mengoptimalkan peran data dengan baik, pelayanan ke publik akan menjadi makin bagus. "Pengelolaan data ini kan butuh data center, sebuah investasi yang resikonya lumayan tinggi untuk Indonesia," paparnya.

Vice President dan Direktur NTT Indonesia Alvin Siagan mengatakan membangun data center di Indonesia hal yang mudah karena harga lahan masih terjangkau. "Bangun data center mudah di Indonesia, menjalankannya? Silahkan Anda coba sendiri. Tantangan menjalankan bisnis data center di Indonesia berbeda dengan negara lain. Misalnya, isu sosial banyaknya demonstrasi, jaringan internet yang belum kencang, dan ancaman banjir," paparnya.

Managing Director DCD untuk Asia Pasifik Vincent Liew mengatakan ada sekitar 600 peserta yang meramaikan konferensi tersebut dan membahas banyak hal seputar data center, mulai dari data center site selection, membangun strategi hybrid cloud, dan standar data center. "Kami senang bisa mempertemukan semua pemangku kepentingan di industri ini di satu lokasi," pungkasnya.(id)

Artikel Terkait