UC News miliki 20 juta pengguna aktif

10:35:00 | 21 Mar 2017
UC News miliki 20 juta pengguna aktif
Donald Ru (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Platform distribusi konten milik UCWeb, UC News, yang diluncurkan pada Agustus 2016 lalu mengaku menjadi salah satu aplikasi dengan pertumbuhan pengguna tertinggi di Indonesia dengan pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) diatas 20 juta di Indonesia hingga Februari 2017.

“Dominasi dari proliferasi seluler dan digital membawa pertumbuhan penggunaan internet mobile dan membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih ‘melek digital’. Selagi konsumsi konten digital meningkat, kami berkeinginan untuk berkontribusi lebih kepada industri konten Indonesia melalui UC News,” jelas General Manager, UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group Donald Ru, kemarin.

Diungkapkannya, perseroan bekerjasama dengan pencipta konten dan distributor nasional, serta mancanegara yang berpengaruh, mengoperasikan program UC We-Media untuk membantu meningkatkan penciptaan konten yang lebih relevan dan unik oleh para kontributor konten independen, KOL, blogger dan individu berpengaruh lainnya, yang secara kolektif dikenal dengan sebutan “We-Media”.

UC Web mengumumkan peluncuran We-Media Reward Plan 2.0, sebuah platform pencipta konten independen di Indonesia dengan investasi awal senilai Rp 10 miliar. We-Media Reward Plan versi 2.0 yang telah diperbaharui ini menghadirkan ‘Super 1000’, ditujukan untuk membuka pintu peluang bagi penulis paling bertalenta di Indonesia.

“Berdasarkan penelitian kami, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 80 juta pengguna internet seluler, sekitar 7.000 reporter, jurnalis dan editor bekerja di bidang media Indonesia, dan sekitar 3 juta blogger. Namun, hanya bagian sangat kecil dari dua kategori di atas yang telah berkontribusi pada pertumbuhan konsumsi konten online,” ungkap Kepala UC News We-Media Bruce Zuo.

UCWeb akan mempertajam fokus pada agregasi dan distribusi konten di Indonesia, dengan kekuatan kami pada teknologi seperti Big Data AI dan pengalaman yang luas di berbagai pasar seperti Tiongkok, dimana We-Media telah menemukan model bisnis yang terintegrasi bagi seluruh rantai dari produser konten, pengguna, pengiklan dan monetisasi konten.  

Disamping pembaharuan pada model pendapatan iklan, We-Media Reward Plan 2.0 akan memungkinkan talenta-talenta di seluruh penjuru Indonesia untuk mengubah minat menulis mereka menjadi sebuah pekerjaan. 1.000 penulis We-Media akan direkrut di Indonesia dan India yang bepeluang untuk memiliki penghasilan Rp 10 juta tiap bulan melalui platform UC News.

UCWeb juga memperbaharui portofolio konten dan layanannya dengan menambah lebih banyak konten video berdurasi singkat. Video singkat juga kini telah menjadi salah satu konten yang paling populer untuk dikonsumsi di Tiongkok dan UCWeb melihat potensi yang sangat besar untuk konsep serupa di Indonesia.

UC News ingin dapat menyediakan layanan dan konten yang lebih baik bagi pelanggan dan, kedepan, akan menghasilkan investasi yang signifikan pada kategori ini. Sesuai dengan laporan Tren Konsumsi Konten terkini, konsumsi konten video telah meningkat sebesar 25% pada kuartal terakhir. Perusahaan ini sedang dalam proses untuk menyiapkan tim terpisah yang akan mengawasi bidang Video Singkat dan dilatih untuk menjadi mitra yang relevan untuk mendukung perkembangan UC News di Indonesia.

Data terkini dari UC News menunjukkan platform memiliki lebih dari 1.300 juta pengunjung pada bulan Februari saja, yang menunjukkan adanya lebih dari 45 juta kunjungan setiap harinya. Hingga kuartal ini, rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari 20 menit pada aplikasi UC News.

“Data kuat dari pengguna kami ini mengindikasikan kesuksesan strategi kami untuk bergerak ‘Dari Alat menjadi Konten’. Kami telah mengatakan bahwa konten berkembang pesat dan 20 juta pengguna aktif bulanan pada UC News menjadi cerminan jelas akan hal ini. Pengguna tengah menikmati konten digital yang beragam, dan kebutuhan mereka akan konten-konten ini dipenuhi oleh UC News,” kata Donald.(wn)

Artikel Terkait