Thailand gandeng Alibaba bangun ekonomi digital

09:44:29 | 12 Dec 2016
Thailand gandeng Alibaba bangun ekonomi digital
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Thailand menggandeng Alibaba untuk membangun ekosistem ekonomi digital di negeri gajah Putih itu.

Alibaba akan mendukung langkah pemerintah negeri Gajah Putih membangun Thailand 4.0 berupa pengembangan kemampuan dalam eCommerce seperti melatih pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), memperbaiki kondisi logistik, serta ikut menyumbang strategi dalam ekonomi digital.

Dalam pernyataannya, kerjasama ini langsung disaksikan oleh Deputi Perdana Menteri Thailand Somkid Jatusripitak dan Eksekutif Chairman Alibaba Group Jack Ma, pada 8 Desember 2016.

Penandatanganan kerjasama sendiri dilakukan oleh Thailand’s Permanent Secretary Wiboonlasana Ruamraksathe dan Alibaba Group President Michael Evans di markas raksasa internet asal Tiongkok itu di Hangzhou, China.

“Kunjungan ke markas Alibaba menunjukkan adanya komunikasi yang tak terputus antara perdana menteri dengan Mr. Jack Ma. Ini untuk memperkuat kemampuan Thailand dalam era digital dimana kami sudah membuat task force yang melibatkan orang pemerintah dan swasta untuk bekerjasama dengan Alibaba membangun kompetensi di sektor ini. Kerjasama ini juga menjadi era baru public-private partnership dengan organisasi internasional ," kata Somkid Jatusripitak.  

Jack Ma sendiri mengaku bangga bekerjasama dengan pemerintah Thailand. "Kami bangga bisa bekerjasama dan saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Thailand atas kepercayaannya. Karena trust adalah basis dari suksesnya sebuah kerjasama," kata Ma.

Dalam perjanjian ini hal yang akan digarap adalah pelatihan terhadap 30 ribu pelaku UKM Thailand untuk masuk ke platform eCommerce.  Alibaba nantinya akan membantu hadirnya platform eCommerce nasional bagi Thailand.

Program kedua adalah Thailand dan Alibaba akan berkolaborasi dalam Talent Development Program, dimana ingin mempersiapkan sekitar 10 ribu individu siap menyambut era teknologi digital.

Program ketiga adalah Alibaba dan Lazada akan mengembangkan ekosistem supply chain dan sistem logistik dengan Thailand Post. Terakhir, Alibaba dan pemerintah Thailand akan mengkaji peluang dalam koridor Eastern Economic Development dan membantu Thailand menjadi hub teknologi digital dan pemain besar data center untuk kawasan Asia Tenggara. (Baca: Jack Ma di Indonesia)

Sebelumnya, Jack Ma telah menjadi penasehat bagi perkembangan ekonomi digital di Malaysia.Sedangkan di Indonesia, Jack Ma sempat diminta untuk menjadi penasehat bagi eCommerce nasional tetapi memunculkan kontroversi sehingga isu tersebut menjadi tak jelas eksekusinya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait