telkomsel halo

Mantan Ketum APJII `kalahkan` Direktur Telkom di lelang Dirjen Aptika

09:05:45 | 07 Okt 2016
Mantan Ketum APJII
Samuel Abrijani Pangerapan(dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Mantan Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII)  Samuel Abrijani Pangerapan diangkat menjadi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Pria yang akrab disapa Sammy itu berhasil mengalahkan Barry Simorangkir dan Indra Utoyo di Tim Penilai Akhir (TPA). Indra adalah Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom. (Baca: Profil Sammy)

Sedangkan Barry dalam penelusuran di internet adalah  pekerja profesional di pusat penelitian terkemuka berbasis penyedia data historis pasar saham, The Center for Research in Security Prices (CRSP), di University of Chicago. Saat pemilu 2014, Barry tergabung dalam Tim Media Sosial Jokowi-JK.

Sammy sendiri saat Pemilu 2014 aktif sebagai salah satu Presidium Seknas Jokowi dan dikenal sebagai pengelola dan pemilik nama domain jokowi.id. (Baca: Permen Konten)

Selama memimpin APJII, Sammy pernah mempersoalkan regulasi yang disusun Kemenkominfo. APJII dibawah kepengurusan Sammy bersama Front Pembela Internet (FPI) pernah melakukan judicial review ke  Mahkamah Konstitusi (MK) Pasal 2 ayat (2) dan (3) Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 1999 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, serta Pasal 16, Pasal 26 ayat (2) dan Pasal 34 ayat (3) UU No 36/1999 tentang Telekomunikasi. MK menolak judicial review tersebut pada 19 maret 2015. (Baca: Uji Materi UU Telekomunikasi)

APJII kala dipimpin Sammy juga bersuara keras ketika keluarnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet bermuatan Negatif. (Baca: Eselon I Kominfo)

Selain Sammy, dua dirjen akan dilantik oleh Menkominfo Rudiantara pada Jumat (7/10) pagi ini yaitu Dr.Ir Ismail MT sebagai Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), dan Prof.Dr. Ahmad. M.Ramli sebagai Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI). (Baca: Lelang jabatan Kominfo)

Ismail adalah satu-satunya pejabat karir dari Kemenkominfo yang berhasil duduk sebagai Dirjen. Sebelumnya, Ismail menduduki posisi Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI pada Kemkominfo

Selain tiga dirjen, Jumat (7/10) akan dilantik juga Prof.Dr. Henry Subiyakto sebagai Staf Ahli Menteri bidang  Hukum, Ir. Herry Abdul  Azis sebagai Staf Ahli Menteri bidang Teknologi, Drs. Gun Gun Siswadi sebagai Staf Ahli bidang Komunikasi dan  Media Massa, dan Dr. Ir. Lala M Kolopaking sebagai Staf ahli   ekonomi dan Budaya.

Plt. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Noor Iza mengatakan, nama-nama yang dilantik sudah memenuhi unsur profesional dan kebutuhan Kemenkominfo menghadapi tantangan di masa depan.

“Khusus Pak Sammy kita memang butuh sosok yang kekinian, berani melakukan radical change agar bisa shifting to new era,” katanya di Jakarta, Jumat (7/10).

Menurutnya, bisnis internet di Indonesia dan kian berkembang sehingga dibutuhkan sosok yang bsia diterima multistakeholder. “Beliau bisa diterima di komunitas internet dan tegas. Dunia internet butuh sosok seperti ini,” tutupnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year