telkomsel halo

Ini Persiapan Terbaru BRISat Sebelum Meluncur

14:11:03 | 01 Apr 2016
Ini Persiapan Terbaru BRISat Sebelum Meluncur
Suasana kerjasama BRISat (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengungkap persiapan terbaru yang dilakukan untuk memuluskan satelit BRISat meluncur ke angkasa pada Juni 2016.

“Semua operasional pendukungnya sedang menjalani tahapan final test sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga, kemarin.

Diungkapkannya,  saat ini sedang dilakukan instalasi dan testing untuk equipment antenna yang telah dipasang di ground segment primary satellite control facility (Jakarta) dan back up satellite control facility (Bali).

Sedangkan untuk progress manufacturing satelit, tengah dilakukan persiapan Final Performance Test yang akan berlangsung hingga pertengahan April 2016 di pabrik Space Systems/Loral, LLC (SSL) Palo Alto, California.

Selanjutnya akan dilakukan Spacecraft Pre-Shipment Review (SPSR) pada awal Mei 2016 sebagai review terakhir sebelum BRIsat dikirimkan ke Launch Site di Kourou, French Guiana.

BRI sedang melakukan tahapan Final Mission Analysis Review (RAMF), Final Ops dan Mission Readiness Review (RAV).

“BRI, SSL dan Arianespace juga telah menyepakati tanggal peluncuran satelit, yakni di tanggal 8 Juni waktu setempat atau tanggal 9 Juni 2016 waktu Indonesia," ujarnya.

Untuk meminimalisir efek dari risiko yang mungkin terjadi, Bank BRI bersama Jasindo (ketua konsorsium asuransi local BRIsat) dan Marsh (Broker Asuransi Internasional) telah melaksanakan negosiasi dengan sekitar 30 underwriter internasional dalam penutupan BRIsat launch and in orbit insurance.

"Saat ini sedang dilakukan pembahasan wording dalam polis penutupan tersebut," ujar Hari.

Untuk mendukung operasional satelit, BRI juga tengah menyiapkan 8 operator senior dan 24 operator junior yang nantinya akan dibagi menjadi operator spacecraft, network, dan payload. (Baca juga: Satelit BRISat)

BRI adalah bank pertama di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri. Dikarenakan BRIsat dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh Bank BRI yang merupakan BUMN entitas Indonesia, maka Pemerintah akan memiliki sarana komunikasi yang lebih aman, terhindar dari penyadapan karena kontrol saluran komunikasi dan encryption sepenuhnya berada di tangan Indonesia.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year