telkomsel halo

Paket Timur Palapa Ring Diperebutkan 7 Perusahaan

13:23:22 | 05 Mar 2016
Paket Timur Palapa Ring Diperebutkan 7 Perusahaan
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Tender ulang paket timur dari proyek Palapa Ring diperebutkan tujuh perusahaan telekomunikasi yang lolos tahap prakualifikasi.

Paket timur  dari Palapa Ring  menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua Barat, dan Papua (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang serat kabel optik sekitar 6.300 kilometer. Kabel itu menjangkau 35 kabupaten/kota dengan perkiraan proyek mencapai US$143,18 juta.

Tujuh perusahaan yang lolos prakualifikasi adalah PT iForte Solusi Infotek, Konsorsium PT Matra Mandiri Prima-PT Hitachi High Technologies Indonesia-PT Partibandar Utama, Konsorsium Super Sistem Ultima-Huawei, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan Konsorsium Indosat Ooredoo Tbk, PT XL Axiata Tbk, dan Alita.

"Pesertanya ada pemain besar dan pemenang dua paket sebelumnya. Harapannya tender selesai tepat waktu, kuartal III nanti,” kata Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Sebelumnya, untuk paket timur dilakukan tender ulang karena ada perbedaan panjang serat optik dipicu kondisi geografi dari Pulau Papua. Kabarnya, pemerintah akan mengacu pada panjang jalan Trans Papua agar tidak terjadi lagi perdebatan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year